PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT

LAILATUL BAHROINI, 17204153055 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lailatul Bahroini, 17204153055, 2019, “Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut” Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Dr. Ummu Sholihah, S. Pd., M.Si. Kata Kunci: Predict-Observe-Explain (POE), Berpikir Kreatif, Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kreatif siswa. Model pembelajaran yang digunakan di kelas cenderung menggunakan model pembelajaran konvesional yang menekankan penguasaan materi saja. Pembelajaran matematika di kelas kurang memberikan kesempatan siswa untuk mengembangkan kemampuan berfikir tingkat tinggi, salah satunya kemampuan berfikir kreatif. Metode pembelajaran POE dapat digunakan untuk menggali pengetahuan awal siswa kemudian merekonstruksi ke dalam pemahaman baru yang mereka dapat dari hasil kegiatan observasi. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut yang menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain. (2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut dengan menggunakan model pembelajaran POE lebih baik dibandingkan dengan model pembelajran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Experimental dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Sunan Gunung Jati dan sampel yang diambil adalah kelas VIII-F sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-H sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen tes untuk mengukur hasil data yang digunakan adalah uji instrumen dengan uji validasi dan uji reliabilitas, uji prasyarat dengan uji homogenitas dan uji normalitas dan uji hipotesisi dengan menggunakan uji Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) memiliki skor rata-rata 83,87 dan siswa yang berkategori sangat kreatif memiliki presentase rata-rata 33,33%, kategori kreatif 40%, kategori cukup kreatif 16,67%, dan kategori kurang kreatif 6,67%. (2) kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensinal memiliki skor rata-rata 71,83 dan siswa yang berkategori sangat kreatif memiliki presentase rata-rata 3,33%, kategori kreatif 30%, kategori cukup kreatif 33,33%, dan kategori kurang kreatif 23,33%, dankategori tidak kreatif 10%. (3) ada pengaruh model pembelajaran Predict Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII materi bangun ruang sisi datar di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. < 0,05 = 0,001 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel = 3,607 > 2,001.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153055 LAILATUL BAHROINI
Date Deposited: 09 Aug 2019 02:50
Last Modified: 09 Aug 2019 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12786

Actions (login required)

View Item View Item