KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NGUNUT TULUNGAGUNG

KHOIRUN NISAK, 17204153052 (2019) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (655kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (590kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Kemampuan Representasi Matematis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Sekolah Menengah Kejuruan Ngunut, ini ditulis oleh Khoirun Nisak, NIM. 17204153052, pembimbing, Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Representasi Matematis, SPLDV Kemampuan representasi matematis pada siswa kelas X SMK Ngunut Tulungagung. Kemampuan representasi matematis merupakan gagasan matematika atau sebuah ide yang dihasilkan dari proses berpikir siswa dan diungkapkan ke dalam bentuk tulisan untuk mewakili suatu situasi masalah yang sedang dihadapi untuk memahami dan menemukan solusi dari masalah tersebut. Hal ini dapat dilihat saat siswa mengerjakan soal matematika, namun siswa SMK Ngunut Tulungagung cenderung hanya meniru langkah-langkah penyelesaian yang sudah diajarkan guru. Siswa hanya menghafal bentuk soal tanpa memahami bentuk soal yang diberikan. Dari informasi tersebut peneliti mengadakan penelitian untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa kelas X dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa kemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linear dua variabel; (2) Untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa kemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linear dua variabel; (3) Untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa kemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 siswa yang masing masing diwakili oleh 2 siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Pengklasifikasian tersebut didasarkan pada nilai Ulangan Harian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyejian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa berkemampuan matematika tinggi sudah mampu memenuhi semua indikator representasi simbolik dan verbal, namun tidak memenuhi indikator representasi visual; (2) siswa berkemampuan matematika sedang sudah mampu memenuhi indikator yaitu menggunakan representasi visual untuk menyelesaikan masalah, sudah mampu membuat persamaan atau model matematis dari representasi lain yang diberikan,sudah mampu menulis langkah-langkah penyelesaian matematis dengan kata-kata, dan sudah mampu menyelesaikan masalah menggunakan kata-kata atau teks tertulis tetapi hanya satu subjek saja yang memenuhi; (3) siswa berkemampuan matematika rendah belum mampu memenuhi indikator representasi visual, selain itu siswa berkemampuan matematika rendah belum mampu membuat persamaan atau model matematis dari representasi yang diberikan dengan tepat dan benar, siswa berkemampuan matematika rendah belum mampu menulis langkah-langkah penyelesaian matematis dengan kata-kata, dan belum mampu menyelesaikan masalah menggunakan kata-kata.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153052 KHOIRUN NISAK
Date Deposited: 09 Aug 2019 02:47
Last Modified: 09 Aug 2019 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12787

Actions (login required)

View Item View Item