PENGELOLAAN KELAS PENDIDIKAN INKLUSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DISABILITAS DI KELAS VII REGULER SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG

LULUK NAFI'AH, 17204153086 (2019) PENGELOLAAN KELAS PENDIDIKAN INKLUSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DISABILITAS DI KELAS VII REGULER SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (126kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengelolaan Kelas Pendidikan Inklusi dalam Proses Pembelajaran Matematika Siswa Disabilitas di Kelas VII Reguler SMP Islam Al Azhaar Tulungagung” ini ditulis oleh Luluk Nafi’ah, NIM. 17204153086, pembimbing Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas Pendidikan Inklusi, Proses Pembelajaran Matematika, Siswa Disabilitas Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena terkait pengelolaan kelas pendidikan inklusi di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung yang dilakukan oleh guru matematika. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti sebelumnya, kelas reguler yang terdiri dari siswa normal dan disabilitas diajar oleh dua guru yakni guru mata pelajaran dan GPK (Guru Pendamping Khusus). Pada tahun ajaran 2018/2019, di kelas reguler (VII dan VIII) GPK ditiadakan. GPK menjadi wali kelas dan fokus mendampingi siswa disabilitas kelas IX. Sehingga yang mengajar di kelas hanya satu guru. Jika tidak ada GPK guru matematika harus mengatur strategi agar bisa menyeimbangkan pembelajaran antara siswa normal dan siswa disabilitas. Oleh karenanya peneliti ingin mecari informasi terkait cara guru dalam melakukan pengelolaan kelas, faktor penghambat pengelolaan kelas, serta solusi yang guru terapkan pada pengelolaan kelas tersebut. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kegiatan pengelolaan kelas pendidikan inklusi dalam proses pembelajaran Matematika di kelas VII Reguler SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? (2) Apa faktor penghambat pengelolaan kelas pendidikan inklusi dalam proses pembelajaran matematika di kelas VII Reguler SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? (3) Bagaimana prosedur pengelolaan kelas pendidikan inklusi dalam proses pembelajaran matematika di keas VII Reguler SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitan ini adalah guru kelas VII A SMP Islam Al Azhaar Tulungagung dan kelas VII D SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Pemilihan dua kelas tersebut adalah karena terdapat dua macam siswa yang belajar bersama yakni siswa normal dan siswa disabilitas. Kelas VII A adalah kelas putra dengan dua siswa disabilitas jenis slow learner dan down sindrom, sedangkan kelas VII D adalah kelas putri dengan satu siswa disabilitas jenis slow learner. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pengelolaan kelas putra maupun putri yang dilakukan guru adalah membuat kontrak belajar, melakukan variasi tempat duduk siswa, dan guru juga memberi kesempatan siswa normal untuk membantu siswa disabilitas dalam mengerjakan soal. Faktor penghambat pengelolaan kelas putra adalah terdapat siswa yang bermain atau mengobrol bersama temannya, sedangkan kelas putri adalah guru telat mengondidikan kelas pada jam pertama karena ada siswa mengikuti tahfidz yang telat masuk kelas. Prosedur pengelolaan kelas baik pencegahan maupun penyembuhan hanya dilakukan oleh kelas putra, yakni guru mencari tahu latar belakang tindakan siswanya yang sering melanggar peraturan kelas dan mencari serta mencoba alternatif pemecahannya. Sedangkan guru kelas putri mengaku jika siswanya mudah diatur sehingga tidak perlu mencari tahu latar belakangnya dan mencari alternatif pemecahannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Matematika
Pendidikan Islam
Pengembangan Masyarakat Islam
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: TP 1733143005 Ahmad Lathoifu Huda Mubarok
Date Deposited: 08 Aug 2019 08:17
Last Modified: 02 Apr 2020 12:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12806

Actions (login required)

View Item View Item