PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SERTA MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MTs NEGERI 5 TRENGGALEK

ISNA FAJARIANI ROHMAH, 17201153051 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SERTA MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MTs NEGERI 5 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) serta Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTs Negeri 5 Trenggalek” yang ditulis oleh Isna Fajariani Rohmah, NIM. 17201153051, jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh bapak Dr. Adi Wijayanto, S.Or.,S.Kom.,M.Pd.AIFO. Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi pendidikan yang masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal yang menjadikan peserta didik tidak mengetahui konsep yang mereka pelajari dalam belajar mengajar. Peserta didik akan belajar dengan baik apabila mereka terlibat secara aktif dalam segala kegiatan di kelas dan berkesempatan untuk menemukan sendiri. Begitu pula pada pembelajaran fikih, peserta didik hanya mengetahui teori saja tanpa mengetahui praktik dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga peserta didik kurang berminat dalam mengikuti pelajaran fikih. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka pembelajaran kontekstual merupakan salah satu solusinya. Pembelajaran CTL dapat berperan penting dalam mengatasi masalah pembelajaran saat ini. Penelitian yang berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) serta Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTs Negeri 5 Trenggalek, permasalahan yang dikaji adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs Negeri 5 Trenggalek? (2) Adakah pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs Negeri 5 Trenggalek? (3) Adakah pengaruh antara model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) serta minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs Negeri 5 Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. Penelitian ini memiliki dua variabel, yaitu variabel bebas (model pembelajaran CTL dan minat belaj ar) dan variabel terikat (hasil belajar). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-A dan kelas VIII-B MTs Negeri 5 Tenggalek. Instrumen penelitian yang digunakan tes dan angket. Uji instrumen tes yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, sedangkan uji pra syarat menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas Levene Statistic. Uji instrumen angket yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, sedangkan uji pra syarat menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas Levene Statistic. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumen. Dokumen yang dimaksud adalah dokumentasi foto.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs Negeri 5 Trenggalek. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil uji T. Diketahui nilai Sig. = 0,000 dimana nilai Sig. < 0,05, maka disimpulkan bahwa H1 diterima. (2) Ada pengaruh yang signifikan dari minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs Negeri 5 Trenggalek. Hal ini ditunjukkan berdasarkan uji T. Diketahui nilai Sig. = 0,001 dimana nilai Sig. < 0,05, maka disimpulkan bahwa H1 diterima. (3) Ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) serta minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs Negeri 5 Trenggalek. Hal ini ditunjukkan berdasarkan One Way ANOVA. Diketahui nilai Sig. = 0,001 dimana nilai <0,05, maka H1 diterima. Nilai koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,217. Nilai ini berasal dari nilai pengkuadratan nilai koefisien relasi atau “R”, yaitu 0,466 x 0,466 = 0,217. Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,217 sama dengan 21,7%. Angka tersebut mengandung arti bahwa model pembelajaran CTL serta minat belajar secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 21,7%. Maka, model pembelajaran CTL lebih berpengaruh secara signifikan daripada pengaruh minat belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153051 ISNA FAJARIANI ROHMAH
Date Deposited: 08 Aug 2019 06:45
Last Modified: 08 Aug 2019 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12817

Actions (login required)

View Item View Item