PENGARUH TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATAKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA UPT PELAYANAN SOSIAL BINA REMAJA BLITAR

ISNA MUAVIVI ASTIN, 17306153020 (2019) PENGARUH TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATAKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA UPT PELAYANAN SOSIAL BINA REMAJA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Isna Muavivi Astin. 17306153020. Tahun 2019. “Pengaruh Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatakan Keterampilan Komunikasi Interperspnal Siswa UPT Pelayanana Sosial Bina Remaja Blitar”, Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh Febranti Putri Navion, M. Pd. Kata kunci: Teknik Bermain Peran, keterampilan Komunikasi Interpersonal Para pemberi layanan atau konselor tentunya menginginkan kliennya dapat menjadi seseorang yang terbuka, empati, bersikap suportif, berperilaku positif dan mampu menciptakan kesetaraan. Untuk menciptakan keterampilan komunikasi interpersonal seperti yang diharapkan konselor, maka klien harus distimulus dengan suatu layanan yang sesuai dengan kebutuhan klien. Salah satu contoh yang dapat diterapkan yaitu dengan memberikan layanan berupa pelatihan keterampilan komunikasi interpersonal kepada anak atau remaja. Dengan memberikan suatu pelatihan yang diterapkan kepada anak atau remaja akan memberikan pengaruh yang cukup besar bagi perkembangan anak atau remaja, dan sebagai pondasi awal bagi anak atau remaja sebelum memasuki dunia yang sebenarnya yakni dunia kerja. Untuk itu, para pembimbing atau konselor dapat menjadi model dan pendorong terpenuhinya tugas perkembangan anak atau remaja, salah satunya dengan menggunakan teknik bermain peran yang diterapkan kedalam suatu layanan untuk menstimulus perkembangan dari keterampilan komunikasi interpersonal anak atau remaja. Penelitian ini didasarkan pada ketertarikan peneliti untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh teknik bermain peran untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja Blitar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh bermain peran untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja Blitar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan eksperimen True Experimental Design (Pretest-Posttest Control Grup Design) dengan subjek 16 siswa UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja Blitar jurusan penjahitan dan bordir, yang dipilih secara acak (random). Instrument yang digunakan adalah skala likert keterampilan komunikasi interpersonal dan instrumen untuk bahan perlakuan berupa buku pedoman pelatihan. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan teknik bermain peran untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa yang mendapatkan intervensi berupa pelatihan teknik bermain peran yang dianalisis menggunakan uji statistik t-tes. Berdasarkan dari analisis data diketahui terdapat pengaruh yang signifikan teknik bermain peran untuk meningktkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa dengan hasil penelitian P (0,000) ≤ I (0,05) pada taraf signifikan 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik bermain peran untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306153020 ISNA MUAVIVI ASTIN
Date Deposited: 09 Aug 2019 03:16
Last Modified: 09 Aug 2019 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12854

Actions (login required)

View Item View Item