PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA 3D TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SKI DI MIN 14 BLITAR

LIA SEBTI NUR HAMIDAH, 17205153235 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA 3D TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SKI DI MIN 14 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media 3D Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran SKI di MIN 14 Blitar” ini ditulis oleh Lia Sebti Nur Hamidah, NIM. 17205153235. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Ibu Lailatuzz Zuriyah, M.Fil.I. Kata Kunci: Media 3D, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan media 3D terhadap motivasi dan hasil belajar. kajian ini dilatar belakangi oleh teori Muhammad Zaini bahwa media 3D memiliki kelebihan dibandingkan dengan media 2D. Hal ini karena media 3D sangat membantu untuk mewujudkan realitas yang tidak hanya dapat dilihat, tetapi juga dapat diraba. Oleh karena itu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pelajaran SKI peneliti mengujikan media 3D di MIN 14 Blitar. Pemilihan MIN 14 Blitar sebagai fokus penelitian adalah karena berdasarkan hasil observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa guru SKI di MIN 14 Blitar masih menggunakan media konvensional dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini, 1) Adakah pengaruh penggunaan media diorama dan boneka tongkat terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran SKI di MIN 14 Blitar?, 2) Adakah pengaruh penggunaan media diorama dan boneka tongkat terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran SKI di MIN 14 Blitar?, 3) Adakah pengaruh penggunaan media diorama dan boneka tongkat terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran SKI di MIN 14 Blitar?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental design), teknik sampling menggunakan tehnik pertimbangan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji t dan Anova 2 jalur, yang sebelumnya diuji coba menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0. Hasil Penelitian ini adalah: 1) Hasil uji t angket motivasi belajar diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,018 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media tiga dimensi terhadap motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas IV di MIN 14 Blitar, 2) Hasil uji t post test hasil belajar diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,032 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media tiga dimensi terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas IV di MIN 14 Blitar, 3) Hasil uji Anova 2 jalur post test hasil belajar dan angket motivasi belajar diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,032 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media tiga dimensi terhadap motivasi dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas IV di MIN 14 Blitar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika media 3D digunakan, maka motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam akan meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153235 LIA SEBTI NUR HAMIDAH
Date Deposited: 27 Sep 2019 07:01
Last Modified: 27 Sep 2019 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12855

Actions (login required)

View Item View Item