IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLA’ PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SD AL GONTORY TULUNGAGUNG

ANNA PUTRI HARDIYANTI, 17205153335 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLA’ PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SD AL GONTORY TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (947kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Implementasi Pembelajaran Imla’ Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di SD Al Gontory Tulungagung” ini ditulis oleh Anna Putri Hardiyanti, NIM. 17205153335, pembimbing Dr. Mochammad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci : Pembelajaran Imla’ , Mata Pelajaran Bahasa Arab Ketertarikan peneliti mengambil judul skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa sekolah dasar Islam mengajarkan pelajaran Bahasa Arab kepada peserta didiknya, bahkan bukan hanya pelajaran Bahasa Arab melainkan terdapat mata pelajaran Al Quran Hadis, dan Fiqh sebagai mata pelajaran yang sebagian besar menggunakan Bahasa Arab. Tentu saja dengan adanya materi yang menggunakan Bahasa Arab, peserta didik di tuntut untuk belajar Bahasa Arab yang merupakan bahasa asing bagi mereka. Adanya pembelajaran imla’ di Sekolah Dasar Islam membantu peserta didik untuk melatih keterampilan menulis Bahasa Arab di Mata Pelajaran Bahasa arab. Tetapi tidak semua Sekolah Dasar Islam memberikan pembelajaran imla’ kepada peserta didik, sedangkan menurut peneliti keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki seseorang jika ingin mempelajari bahasa asing. Dan peneliti menemukan di SD Al Gontory mengajarkan pembelajaran imla’ kepada peserta didiknya mulai dari kelas 1 hingga kelas 6, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana implementasi pembelajaran imla’ pada mata pelajaran Bahasa Arab. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Apa metode yang digunakan dalam pembelajaran imla’ pada mata pelajaran bahasa arab di SD Al Gontory Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi metode pembelajaran imla’ pada mata pelajaran bahasa arab di SD Al Gontory Tulungagung? (3) Apa manfaat pembelajaran imla’ pada mata pelajaran bahasa arab di SD Al Gontory Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran imla’ pada mata pelajaran bahasa arab di SD Al Gontory Tulungagung (2) Untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran imla’ pada mata pelajaran bahasa arab di SD Al Gontory Tulungagung (3) Untuk mengetahui manfaat pembelajaran imla’ pada mata pelajaran bahasa arab di SD Al Gontory Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif adapun jenis penelitiannya menggunakan studi kasus, lokasi penelitiannya bertempat di SD Al Gontory Tulungagung, sumber data dari penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder, metode pengumpulan datanya terdiri dari tiga cara yaitu wawancara, observasi partisipatif pasif dan dokumentasi. Dalam menganilisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau vertifikasi. Dalam pengecekan keabsahan data dengan perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini adalah (1) ada 2 metode yang digunakan dalam pembalajaran imla’ yaitu metode menyalin (al imla’ al manqul) dan metode menyimak atau mendengarkan (al imla’ al istima’i), dimana metode menyalin (al imla’ al manqul) digunakan untuk mengajarkan kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 dan untuk metode menyimak atau mendengarkan (al imla’ al istima’i) digunakan untuk mengajarkan kelas 4,kelas 5 dan kelas 6. (2) Untuk kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 pembelajaran imla’ menggunakan metode menyalin (al imla’ al manqul), dimana pembelajaran imla’ sendiri dilaksanakan ketika jam mata pelajaran bahasa arab berlangsung di dalam kelas. Mengajarkan imla’ ini dilakukan dengan cara memberikan tulisan pada papan tulis, buku, kartu, atau yang lainnya. Setelah itu guru memberi contoh membaca atau melafalkan tulisan, diikuti oleh para peserta didik sampai lancar. Setelah itu didiskusikan maknanya setelah itu baru peserta didik menyalinnya ke dalam buku tulis. Untuk kelas 4, kelas 5 dan kelas 6 pembelajaran imla’ menggunakan metode menyimak atau mendengarkan (al imla’ al istima’i) karena para peserta didik dituntut untuk menulis kalimat atau teks tanpa melihat contoh tulisan dari guru, melainkan mengandalkan hasil kecermatan mereka dalam mendengarkan bacaan guru. Evaluasi pembelajaran imla’ di SD Al Gontory Tulungagung dilaksanakan seperti ujian pada umumnya yaitu ulangan harian, ujian tulis dan terdapat kendala ketika pembelajaran imla’ berlangsung kelas bawah lebih sedikit kendala karena peserta didik masih belajar tahap awal yaitu menyalin tulisan, yang paling menonjol kendalanya yaitu dalam penulisan yang baik dan benar. Dan untuk kelas atas kendalanya yaitu penulisan yang tidak sesuai dikarenakan peserta didik yang kurang memperhatikan atau mendengarkan ketika teks bacaan dibacakan guru dan kendala berikutnya sebagian peserta didik belum mengenal kaidah penulisan yang baik dan benar. (3) manfaat pembelajaran imla’ pada mata pelajaran bahasa arab di SD Al Gontory yaitu: a. Memahamkan peserta didik untuk mengenal kaidah menulis bahasa arab, b. Melatih peserta didik untuk terampil menulis bahasa arab, c. Melatih beberapa indra yang berkaitan dengan imla’ yaitu : telinga, tangan dan mata, d. Melatih peserta didik lebih bersikap cermat dan teliti, e. Memudahkan guru mata pelajaran bahasa arab dikarenakan peserta didik sudah terbiasa dalam penulisan bahasa arab dengan baik, f. Bukan hanya memudahkan peserta didik dalam belajar bahasa arab melainkan juga belajar baca tulis Al Quran, g. Memodali peserta didik baca tulis Al Quran dan bahasa arab, jika meneruskan pendidikan ke jenjang berikutnya ke sekolah yang berbasis islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153335 ANNA PUTRI HARDIYANTI
Date Deposited: 09 Aug 2019 07:28
Last Modified: 09 Aug 2019 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12895

Actions (login required)

View Item View Item