Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Sifat-sifat Bangun Ruang pada Siswa Kelas IV MI Al-Huda Rejowinangun Trenggalek Tahun Ajaran 2010/2011

Anwar, Shodiq (2011) Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Sifat-sifat Bangun Ruang pada Siswa Kelas IV MI Al-Huda Rejowinangun Trenggalek Tahun Ajaran 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (17kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.doc

Download (481kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II new.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB IV - NEW.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (38kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Pendekatan Realistik. Pemahaman Belajar Matematika Beberapa penyebab rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas IV MI Al-Huda Rejowinangun Trenggalek adalah adanya kesan negatif terhadap pelajaran matematika dan kurangnya motivasi siswa terhadap pelajaran matematika. Dalam materi sifat-sifat bangun ruang ini peneliti mengunakan pendekatan realistik sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Pembelajaran menggunakan pendekatan realistik ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan. Sehingga siswa lebih mudah memahami konsep matematika yang abstrak. Yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1). Bagaimanakah langkah-langkah pendekatan realistik dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas IV MI Al - Huda Rejowinangun Trenggalek tahun ajaran 2010/2011 ? 2). Apakah pendekatan realistik dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas IV MI Al - Huda Rejowinangun Trenggalek tahun ajaran 2010/2011 ? Penelitian ini mengunakan penelitian jenis tindakan kelas. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar matematika siswa kelas IV MI Al - Huda Rejowinangun Trenggalek. Sedangkan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran matematika, respon siswa, sejarah sekolah, keadaan siswa, guru dan karyawan, visi dan misi, strukur organisasi, sarana dan prasarana sekolah. Penelitian ini menggunakan lima karakteristik, yaitu : peggunaan masalah kontekstual, penggunaan model, kontribusi siswa, interaksi siswa, dan keterkaitan materi dengan materi prasyarat. Dari penelitian ini nilai rata-rata siswa mulai dari pre tes, tes siklus I, dan tes siklus II menunjukkan peningkatan. Untuk hasil pre test nilai rata-ratanya adalah 3,9 masuk dalam kategori kurang sekali, pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 6,37 meningkat menjadi kurang dan pada siklus II nilai rata-ratanya adalah 8,47 berubah menjadi baik. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan pendekatan realistik akhirnya dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pendekatan realistik dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas IV MI Al - Huda Rejowinangun Trenggalek tahun ajaran 2010/2011 adalah : memberikan masalah kontekstual, model-model untuk menyampaikan materi dan memecahkan masalah, kontribusi siswa dalam memecahkan suatu permasalahan dan mengambil kesimpulan, Interaksi siswa dalam kegiatan pembelajaran, dan keterkaitan materi dengan materi prasyarat. Penerapan pendekatan realistik dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV MI Al-Huda Rejowinangun Trenggalek terhadap materi sifat-sifat bangun ruang (balok dan kubus).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 24 Feb 2015 04:10
Last Modified: 24 Feb 2015 04:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1291

Actions (login required)

View Item View Item