VIRTUAL LEARNING GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

MOHAMAD FERI FADLI, 12506174048 (2019) VIRTUAL LEARNING GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (462kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul Virtual Learning Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan mutu Pembelajaran Praktek Kerja Lapangan (Studi Multi Situs di SMKN 1Rejotangan dan SMKN 1 Bandung) 2019 ini ditulis oleh Rusnee Deksor dengan dibimbing oleh Dr. H. Abd, Aziz, M.Pd.i, dan Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Virtual Learning, Mutu pembelajaran Agama Islam, Praktek Kerja Lapangan Struktur Kurikulum SMK sesuai peraturan mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomer 70 Tahun 2013 pasal 1 nomer 2 menyatakan bahwa: “Struktur kurikulum Sekolah Menengah kejuruan merupakan pengorganisasian kompetensi inti, mata pelajaran, beban belajar, dan kompetensi dasar pada setiap Sekolah Menengah Kejuruan”. Berdasarkan uraian diatas maka peneliti tertarik untuk menelaah lebih dalam tentang Virtual Learning Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Praktek Kerja Lapangan di SMKN 1 Bandung dan SMKN 1 Rejotangan Tulungagung sebagai lembaga yang mengimplimentasiakan Pembelajaran jarak jauh di kelas maya sebagai syarat peningkatan mutu pembelajaran dalam pengaplikasian Edmodo. Ada tiga tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Desain dalam persipan Virtual Learning Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan mutu Pembelajaran Praktek Kerja Lapangan di SMKN 1 Bandung dan SMKN 1 Rejotangan? 2) Bagaimana pelatihan Virtual Learning Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan mutu Pembelajaran Praktek Kerja Lapangan di SMKN 1 Bandung dan SMKN 1 Rejotangan? 3) Bagaimana pelaksanaan Virtual Learning Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan mutu Pembelajaran Praktek Kerja Lapangan di SMKN 1 Bandung dan SMKN 1 Rejotangan? 4) Bagaimana system Evaluasi Virtual Learning Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan mutu Pembelajaran Praktek Kerja Lapangan di SMKN 1 Bandung dan SMKN 1 Rejotangan? Penelitian ini dilakukan di dua lokasi penelitian yaitu SMKN 1 Bandung dan SMKN 1 Rejotangan dengan menggunakan metode penelitan kualitatif, jenis penelitian studi lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan neliputi: 1) observasi pratisipasi, 2) wawancara (interviuw), 3) studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah: 1) Reduksi, 2) display data, 3) verifikasi data. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan beberapa cara yaitu: 1) ketekunan pengamatan, 2) traingulasi, 3) pengecekan absahan data. Hasil penelitian menunjukan yaitu: 1) Desain Virtual Learning Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan mutu Pembelajaran Praktek Kerja Lapangan di SMKN 1 Bandung dan SMKN 1 Rejotangan berada dalam proses penyampain materi meliputi desain membujuk, desain merangkul, desain memberi peringatan, memberi kabar gembira, desain membimbing. 2) Pelatihan yangxviii dilakukan meliputi pelatihan guru antar guru, guru dengan siswa atau siswa dengan siswa (pelatihan dari mulut ke mulut), dan pelatihan publik online. 3) pelaksanan pembelajaran jarak jauh dilakukan oleh guru pendidikan agama islam sebaik mungkin dengan anak didik di lapangan. 4) evaluasi pembelajaran jarak jauh yang dilakukan guru agama dilakukan dalam persemester dan pertahun dalam sistem evaluasi kinerja guru dan kinerja anak didik di lapangan terkai tugas dan materi agama islam dalam pelaksanan Praktek Kerja Lapangan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174048 MOHAMAD FERI FADLI
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:47
Last Modified: 13 Aug 2019 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12912

Actions (login required)

View Item View Item