PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DAKOTA (DAKON MATEMATIKA) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 3 KETANON KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019

IDAH NURFAJRIYA AWWALIN, 17205153343 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DAKOTA (DAKON MATEMATIKA) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 3 KETANON KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (806kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (595kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Idah Nurfajriya Awwalin, 17205153343, Pengaruh Penggunaan Media Dakota (Dakon Matematika) Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Siswa di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2019, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, 2019, Pembimbing: Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci : Media Dakota (Dakon Matematika), Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini di latar belakangi oleh teori ashyad yang menyatakan “Media pembelajaran sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari satu sumber secara terencana, sehingga terjadi lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif”. Maka pada penelitian ini dituangkan media pembelajaran yang bernama dakon matematika di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung. Dakon matematika ini dijadikan sebagai media penyampai atau penyalur pesan kepada siswa. Dengan media tersebut dapat mengakitbatkan minat belajar siswa menjadi tinggi. Minat belajar yang tinggi akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1.) Adakah pengaruh penggunaan media dakon matematika (Dakota) terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran matematika di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2019? 2.) Adakah pengaruh penggunaan media dakon matematika (Dakota) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SDN 3 Katanon Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2019? 3.) Adakah pengaruh penggunaan media dakon matematika (Dakota) terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2019?. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif dan merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah teknik test, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan uji T-test yang digunakan untuk mengetahui hipotesa bahwa penelitian yang dilakukan dinyatakan diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Ada pengaruh penggunaan media dakon matematika terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran matematika di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung 2019. Hal ini dapat di buktikan dengan Sig. (2-tailed) adalah 0,897 > 0,05 yang berarti Hₐ di terima dan Hₒ di tolak. 2).Ada pengaruh penggunaan media dakon matematika terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2019. Hal ini dapat di buktikan dengan Sig. (2-tailed) adalah 0,88> 0,05 yang berarti Hₐ di terima dan Hₒ di tolak.. 3). Ada pengaruh penggunaan media dakon matematika terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2019. Berdasarkan perhitungan diperoleh Hasil analisis untuk minat belajar dan hasil belajar menggunakan analisis multivariat of variance (manova) yang diperoleh dari nilai ke empat P value (sig.) untuk pillae trace, wilk lambda, hotelling’s trace, dan Roy’s largest root = 0,152. Jadi nilai P value (sig.) 0,0152 > 0,05 taraf signifikansi artinya semua nilai signifikan sehingga Hₐ di terima dan Hₒ di tolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153343 IDAH NURFAJRIYA AWWALIN
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:27
Last Modified: 13 Aug 2019 02:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12916

Actions (login required)

View Item View Item