IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER YANG BAIK BAGI SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF TALOK BLITAR

NURUL IZZA AFKARINA, 17205153359 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER YANG BAIK BAGI SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF TALOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (624kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (799kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (459kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Akhlak dalam Meningkatkan Karakter yang Baik Bagi Siswa Kelas IV di MI Ma’arif Talok Blitar” yang ditulis oleh Nurul Izza Afkarina dengan dibimbing oleh Mustofa, S.S, M.Pd. kata kunci: Implementasi, Pembelajaran Akhlak, Karakter yang Baik. Pendidikan di era globalisasi mendorong manusia untuk beranjak dari proses hidup ke arah yang berwawasan global. Dalam situasi ini banyak bermunculan masalah yang bersifat global. Tanpa disadari, beberapa masalah tersebut dapat menarik perhatian masyarat luas salah satunya problematika dalam dunia pendidikan. MI Ma’arif Talok Blitar merupakan salah satu sekolah dengan naungan yayasan berlabel islam turut terdampak akibat perkembangan zaman tersebut. Dalam konteks penelitian ini, yaitu persoalan peningkatan akhlak siswa yang diharapkan sesuai dengan nilai karakter yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan implementasi pembelajaran akhlak dalam meningkatkan karakter yang baik bagi siswa kelas 4 di MI Ma’arif Talok Blitar?, (2) Bagaimana pelaksanaan implementasi pembelajaran akhlak dalam meningkatkan karakter yang baik bagi siswa kelas 4 di MI Ma’arif Talok Blitar?, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran akhlak dalam meningkatkan karakter yang baik bagi siswa kelas 4 di MI Ma’arif Talok Blitar?. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan naturalistik, yaitu peneliti melakukan tahapan penelitian dengan proses apa adanya tanpa melakukan manipulasi data. Mulai dari tahapan pengumpulan data, pengolahan data hingga penyajian data. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis data interaktif. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan ketekunan pengamatan, teknik triangulasi, diskusi teman sejawat, keteralihan, dan ketergantungan. Dalam penelitian ini yang menjadi informan kunci adalah guru kelas MI Ma’arif Talok Blitar. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan implementasi pembelajaran akhlak dalam meningkatkan karakter yang baik bagi siswa kelas 4, yang dilaksanakan yaitu pendidikan akhlak yang terintegrasi ke dalam budaya sekolah, pembelajaran, kegiatan ekstrakulikuler dan menyiapkan sarana dan prasarana. (2) Pelaksanaan implementasi pembelajaran akhlak dalam meningkatkan karakter yang baik bagi siswa kelas 4. Pihak sekolah berserta guru melakukan pembiasaan dengan kedisiplinan, tanggung jawab, peduli lingkungan, bersikap dengan baik dan menghadirkan tenaga ahli untuk setiap ekstrakulikuler yang ada di MI Ma’arif Talok. Lima poin tersebut juga dimasukkan ke dalam pembelajaran kelas maupun sekolah, termasuk juga harus dilaksanakan dalam kegiatan ektra sekolah. Sehingga dengan pembiasaan yang dilakukan oleh guru diharapkan upaya untuk membentuk akhlak yang terpuji dapat tercipta. (3) Evaluasi implementasi pendidikan akhlak dalam meningkatkan karakter yang baik bagi siswa kelas 4 di MI Ma’arif Talok Blitar, yaitu dengan pemberian nilai dan arti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153359 NURUL IZZA AFKARINA
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:29
Last Modified: 13 Aug 2019 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12917

Actions (login required)

View Item View Item