PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PROFETIK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA (Studi Multisitus di Madrasah Aliyah Darunnajah Trenggalek dan Madrasah Aliyah Hikmatul Mubtadiien Kediri)

DIAN ANDRIANI MASRUROH, 12506174018 (2019) PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PROFETIK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA (Studi Multisitus di Madrasah Aliyah Darunnajah Trenggalek dan Madrasah Aliyah Hikmatul Mubtadiien Kediri). [ Thesis ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (883kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (472kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pendidikan Karakter berbasis Profetik dalam Membentuk Kepribadian Siswa (Studi Multisitus di Madrasah Aliyah Darunnajah dan Madrasah Aliyah Hikmatul Mubtadiin)” ini ditulis oleh Dian Andriani Masruroh, NIM. 12506174018 dengan pembimbing Dr. H. Zaini, S.Ag, M.Pd.I dan Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Profetik, Kepribadian Siswa Penelitian dalam Tesis ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang kontras antara fungsi pendidikan nasional yakni mengembangkan kemampuan dan watak siswa tetapi perwujudan pendidikan yang terjadi hanya menjadi formalitas, serta kemerosotan karakter siswa yang semakin jauh dari norma. Pendidikan karakter muncul sebagai upaya untuk menanamkan dan memperkuat karakter siswa. Pendidikan karakter berbasis profetik muncul sebagai solusi adanya fenomena diatas dikarenakan pendidikan karakter berbasis profetik adalah proses transfer pengetahuan dan nilai yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan alam sekaligus memahaminya. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah : (1) Bagaimana pendidikan karakter berbasis pilar humanisasi dalam membentuk kepribadian siswa di Madrasah Aliyah Darunnajah dan Madrasah Aliyah Hikmatul Mubtadiin? (2) Bagaimana pendidikan karakter berbasis pilar liberasi dalam membentuk kepribadian siswa di Madrasah Aliyah Darunnajah dan Madrasah Aliyah Hikmatul Mubtadiin? (3) Bagaimana pendidikan karakter berbasis pilar transendensi dalam membentuk kepribadian siswa di Madrasah Aliyah Darunnajah dan Madrasah Aliyah Hikmatul Mubtadiin? Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan secara mendalam pendidikan karakter berbasis pilar humanisasi dalam membentuk kepribadian siswa di Madrasah Aliyah Darunnajah dan Madrasah Aliyah Hikmatul Mubtadiin (2) untuk mendeskripsikan secara mendalam pendidikan karakter berbasis pilar liberasi dalam membentuk kepribadian siswa di Madrasah Aliyah Darunnajah dan Madrasah Aliyah Hikmatul Mubtadiin (3) untuk mendeskripsikan secara mendalam pendidikan karakter berbasis pilar transendensi dalam membentuk kepribadian siswa di Madrasah Aliyah Darunnajah dan Madrasah Aliyah Hikmatul Mubtadiin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yakni penelitian lapangan. Peneliti sebagai instrumen utama. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dengan analisis situs tunggal dan analisis lintas situs. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan triangulasi sumber dan teknik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Pendidikan karakter berbasis humanisasi dilaksnakan dengan pemberdayaan siswa melalui ilmu pengetahuan. Dengan adanya pemberdayaan siswa melalui pengetahuan tersebut siswa memiliki sikap yang bertaqwa gotong royong, kompetitif, kooperatif dan kreatif. (2) Pendidikan karakter berbasis liberasi dilaksanakan dengan pembinaan kedisiplinan. Pendidikan karakter berbasis liberasi membentuk siswa memikili sikap bertanggungjwab, kerjakeras, disiplin, kritis, dan kreatif. (3) Pendidikan karakter berbasis liberasi dilaksanakan dengan pembiasaan. Pendidikan karakter berbasis transendensi membentuk siswa memiliki sikap religius, saling menghargai, kooperatif, bertanggungjawab dan cerdas.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174018 DIAN ANDRIANI MASRUROH
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:26
Last Modified: 14 Aug 2019 03:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12944

Actions (login required)

View Item View Item