ISNA AFIDATUL HUSNIYAH, 17205153255 (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDIT AL-ASROR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (964kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (438kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (438kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (224kB) |
||
Text
BAB VI .pdf Download (155kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
Abstract
ABSTRAK Isna Afidatul Husniyah 17205153255, 2019, “Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena bahwa seseorang yang memiliki tingkat intelegensi yang tinggi mampu memperoleh nilai belajar yang tinggi juga. Hal tersebut kerap dikaitkan dengan mata pelajaran matematika yang dianggap sulit oleh kebanyakan siswa, sehingga memunculkan persepsi bahwa hanya orang-orang yang memiliki motivasi dan tingkat intelegensi yang tinggi yang mampu memperoleh nilai tinggi dalam mata pelajaran matematika. Padahal ada faktor lain yang juga mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu kecerdasan emosional, seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi sudah pasti memiliki motivasi belajar yang tinggi untuk meraih prestasi belajar yang tinggi. Namun seseorang yang mempunyai tingkat intelegensi yang tinggi belum tentu mempunyai tingkat motivasi belajar yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung. 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung. 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 341 siswa. Teknik pengumpulan sampel adalah teknik sampel purposive sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas IV A dan B yaitu yang berjulah 45 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan angket (kuesioner). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung. Hasil yang diperoleh dari uji t yaitu thitung (3,018) > ttabel (2,016). 2) Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung. Hasil yang diperoleh daru uji t yaitu thitung (3,183) > ttabel (2,016). 3) Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDIT AlAsror Kedungwaru Tulungagung. Nilai keempat P-value (sig) untuk Pillai’s Trace, Wilks’s Lamda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root pada kelas memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05/ 5% yaitu 0,004 < 0,05, 0,004 < 0,05, 0,004 < 0,05, 0,004 < 0,05, dan 0,004 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153255 ISNA AFIDATUL HUSNIYAH |
Date Deposited: | 14 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 14 Aug 2019 04:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12946 |
Actions (login required)
View Item |