Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Pokok Bahasan Sifat Wajib Rasul Allah Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun 2013/2014

Fauzi, Umar (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Pokok Bahasan Sifat Wajib Rasul Allah Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN INTI.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Index Card Match, Hasil Belajar Aqidah Akhlak. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya proses pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlak kurang bervariasi. Dalam pembelajaran Aqidah Akhlak ada beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah Strategi Pembelajaran Index Card Match, yaitu suatu strategi pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar aktif dan bertujuan agar peserta didik mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar serta menumbuhkan daya kreativitas. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi sifat wajib rasul-rasul Allah siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi sifat wajib rasul-rasul Allah pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2013/2014? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi sifat wajib rasul-rasul Allah siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2013/2014. (2) Mendiskripsikan pencapaian hasil belajar siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi sifat wajib rasul-rasul Allah pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 72,83 (42,86%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 89,17 (89,23%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 16,34. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi beriman kepada rasul-rasul Allah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Nov 2014 02:30
Last Modified: 05 Nov 2014 02:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item View Item