MODEL PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA (Studi Multikasus di MA dan MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung)

ZUHROTUL BAHIYAH, 12506174071 (2019) MODEL PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA (Studi Multikasus di MA dan MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
cover tesis.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (488kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (458kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (148kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Model Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa (Studi Multikasus di MA dan MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung)” ini ditulis oleh Zuhrotul Bahiyah dengan dibimbing oleh Dr. H. Zaini, S. Ag, M. Pd. I dan Dr. Khoirul Anam, M. Pd. I Kata Kunci : Model Pembelajaran guru, Pendidikan Agama Islam, Keterampilan Metakognitif Penelitian dalam Tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang ada di lingkungan pendidikan, bahwasanya strategi pembelajaran yang efektif diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga mampu mencetak siswa yang sesuai dengan standart kelulusan siswa dalam Kurikulum 2013. Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah mencakup beberapa dimensi, dimensi yang harus dicapai antara lain adalah dimensi sikap, dimensi pengetahuan dan dimensi keterampilan. Salah satu tuntutan dalam dimensi pengetahuan adalah siswa mampu memiliki pengetahuan dan keterampilan metakognitif. Dipilihnya MA dan MTs Darul Hikmah sebagai obyek penelitian dengan alasan bahwa letak geografis madrasah yang berada di area pesantren, dalam pesantren mengajarkan kesadaran berfikir, problem solving, manajemen waktu, manajemen hidup, pembentukan karakter, belajar mandiri serta memilih strategi yang efektif untuk belajar. Sikap mandiri juga nampak jelas dari aktivitas santri dalam mengatur dan bertanggung jawab atas keperluannya sendiri. Sehingga santri yang tinggal di pondok pesantren akan terlatih mandiri dalam memenuhi segala kebutuhannya serta memilih strategi yang efektif untuk belajar dan tentunya keterampilan metakognitif santri lebih banyak diterapkan. Pertanyaan penelitian dalam Tesis ini adalah: 1) Bagaimana pendekatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa di MA dan MTs Darul Hikmah?, 2) Bagaimana metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa di MA dan MTs Darul Hikmah?, 3) Bagaimana tehnik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa di MA dan MTs Darul Hikmah?, Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis data individu dan analisis lintas kasus. Pengecekkan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Pendekatan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa di MA dan MTs Darul Hikmah Tawangsari antara lain sebagai berikut: pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan, pendekatan keteladanan, 2) Metode guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa di MA dan MTs Darul Hikmah Tawangsari antara lain sebagai berikut: metode ceramah, metode tanya jawab, metode hafalan, metode diskusi dan metode inquiri, 3) Teknik guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa di MA dan MTs Darul Hikmah Tawangsari antara lain sebagai berikut: teknik kuiz dan teknik every one is teacher here.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Psikologi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi 2811133288 Zuhrotul Bahiyah
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:11
Last Modified: 14 Apr 2020 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13072

Actions (login required)

View Item View Item