STRATEGI PEMBINA PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTSN 8 TULUNGAGUNG

MAMIK AYUSTINA, 17201153394 (2019) STRATEGI PEMBINA PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTSN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Strategi Pembina Pramuka dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Mamik Ayustina, NIM 17201153394, di bimbing oleh Anissatul Mufarokah,S,Ag, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Pembina Pramuka,Karakter Religius Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena pendidikan karakter yang saat ini terjadi. Masih banyak para siswa yang mengabaikan pentingnya pendidikan karakter terutama karakter religius Kurangnya perhatian terhadap Pendidikan karakter tersebut ternyata memiliki pengaruh yang besar dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa kesuksesan dalam menanamkan karakter juga merupakan salah satu kunci untuk mensukseskan pendidikan nasional. Sehingga mutu lulusan yang dihasilkan juga belum sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Dimana lulusan saat ini cenderung bersifat pragmatis, sekuler, materialistik, hedonistik, rasionalistik, yaitu manusia yang cerdas secara intelektual dan fisiknya namun kering dari spiritual dan kurang memiliki kecerdasan emosional, oleh karena itu melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka maka karakter siswa akan terbentuk terutama karakter religius. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana Strategi Pembina Pramuka dalam Pembentukan karakter religius pada program latihan mingguan di MTsN 8 Tulungagung 2) Bagaimana Strategi Pembina Pramuka dalam pembentukan karakter religius pada program latihan bulanan di MTsN 8 Tulungagung. 3) Bagaimana Strategi Pembina Pramuka dalam pembentukan karakter religius pada program latihan Tahunan di MTsN 8 Tulungagung. Skripsi ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan strategi pembina Pramuka dalam pembentukan karakter religius pada Program Latihan mingguan di MTsN 8 Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan strategi pembina Pramuka dalam pembentukan karakter religius pada Program Latihan Bulanan di MTsN 8 Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan strategi pembina Pramuka dalam pembentukan karakter religius pada Program Latihan Tahunan di MTsN 8 Tulungagung.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didalamnya peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data.kehadiran peneliti itu mutlak dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif,Tehnik Analisis data yang digunakan yaitu Interactiv .tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan pasif, pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu Kredibilitas (credibility) yang meliputi Waktu pelaksanaan observasi diperpanjang, Observasi non partisipan yang kontinyu,Triangulasi,.Tehnik analisis data menggunakan Data Reduction(Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data)., penarikan kesimpulan, Verifikasi sebagaimana dikemukakan oleh Miles and Huberman. Hasil penelitian Strategi Pembina Pramuka dalam pembentukan karakter religius siswa di MTsN 8 Tulungagung menunjukan bahwa 1) Dalam program latihan mingguan Metode yang digunakan pembina adalah ceramah,diskusi, tanya jawab, dan sistem among dari metode ini diharapkan dapat membentuk indikator karakter religius yang dapat terbentuk adalah sabar,berprasangka baik,kreatif dan inovatif, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologis dari pendekatan ini diharapkan dapat membentuk indikator karakter religius adalah Toleransi , menggunakan metode pembiasaan yaitu membiasakan anak-anak membaca surat yasin setiap hari jumat pagi dan upacara pembukaan latihan rutin. 2) Dalam program latihan bulanan metode yang digunakan pembina Yaitu mengadakan kegiatan dialam terbuka Pendekatannya menggunakan pendekatan edukatif , dari pendekatan ini diharapkan dapat menumbuhkan indikator karakter religius yaitu berbuat baik,menyayangi orang lain dan melakukan kegiatan ketrampilan kepramukaan seperti Persami (perkemahan sabtu minggu),Latsari (latihan satu hari),Latgab (Latihan Gabungan) dari kegiatan ini indikator karakter religius yang dapat terbentuk adalah cinta ilmu 3) Strategi Pembina Pramuka dalam program latihan Tahunan yaitu menggunakan Metode sistem beregu dan kemitraan dengan anggota dewasa , karena dalam program latihan tahunan itu acara yang sangat besar yang diadakan untuk gugus depan dari metode ini diharapkan dapat membentuk indikator karakter religius bertanggung jawab sedangkan pendekatanya menggunakan Rehabilitatif diharapkan dapat membentuk indikator karakter religius menyayangi hewan, tabah, kebersamaan dan mengadakan kegiatan MOGD (Masa Orientasi Gugus Depan), peringatan hari lahir bodn powel, peringatan hari lahir gerakan pramuka.indikator karakter religius yang terbentuk adalah berwawasan kebangsaan, taat peraturan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153394 MAMIK AYUSTINA
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:42
Last Modified: 20 Aug 2019 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13082

Actions (login required)

View Item View Item