MOCHAMAD AZIS MA’ARIF, 17251436319 (2019) PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (609kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (584kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (310kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peningkatan Profesional Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di MIN 3 Tulungagung” ditulis oleh Mochamad Azis Ma’arif, NIM 17251436319, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, MA. Kata kunci: Profesional, Implementasi, Kurikulum Profesional adalah seseorang yang memiliki seperangkat pengetahuan atau keahlian yang khas dari profesinya. Profesional sangat penting dan dibutuhkan oleh setiap guru, karena dalam bekerja dan mengajarkan ilmu kepada siswa harus dengan sungguh-sungguh dan dibekali dengan ilmu yang mencukupi. Sebelum menjadi guru biasanya para calon guru dibekali dengan ilmu dan diklat-diklat untuk menunjang sebagai seorang pendidik yang profesional. Kelompok kerja dan diklat digunakan para guru untuk memperbanyak pengetahuan dan pengalaman dalam mengajar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi adalah: (1) Bagaimana peningkatan kompetensi profesional guru pada penguasaan materi dan konsep mata pelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 di MIN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan kompetensi profesional guru pada penguasaan standart kompetensi pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 di MIN 3 Tulungagung? (3) Bagaimana penigkatan kompetensi profesional guru pada pengelolaan materi secara kreatif dalam implementasi kurikulum 2013 di MIN 3 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan tehnik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat, dan review informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data dan diskusi hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) cara meningkatkan penguasaan materi dan konsep mata pelajaran yaitu dengan sering mengikuti diklat dan kerja kelompok guru, sedangkan secara mandiri dengan memperbanyak membaca buku atau bahkan meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. (2) penguasaan standart kompetensi pembelajaran dilakukan penyesuaian dengan apa yang dibutuhkan madrasah. Guru mencermati apa yang dibutuhkan siswa namun tercapainya standart kompetensi yang terdapat dalam kurikulum tidak dikesampingkan. (3) pengelolaan materi secara kreatif sangat disukai siswa karena sesuatu hal yang baru menumbuhkan rasa keingintahuan terhadap pembelajaran tersebut. Oleh karena itu guru dituntut untuk berkreasi dalam pembelajaran demi terciptanya kelas yang aktif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17251436319 MOCHAMAD AZIS MA’ARIF |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 01:28 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 01:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13115 |
Actions (login required)
View Item |