PENGARUH KEBUDAYAAN DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH BANK SYARIAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU TULUNGAGUNG

NUR ANGGRAINI, 17401153229 (2019) PENGARUH KEBUDAYAAN DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH BANK SYARIAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (368kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kebudayaan Dan Psikologis Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Anggraini, NIM. 17401153229, pembimbing Dr. Ali Mauludi AC, M.A. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh Bank syariah dalam operasionalnya berpedoman pada prinsip-prinsip syariah, dimana dalam prinsip syariah dilarang adanya transaksi yang berhubungan dengan bunga, karena dalam sistem bunga mengandung unsur pemaksaan kepada peminjam untuk membayar sejumlah uang yang telah ditetapkan sebelumnya. Oleh karena itu dengan pembiayaan syariah yang diharapkan akan mampu mewujudkan perekonomian yang adil dan merata bagi semua lapisan masyarakat terutama masyarakat ekonomi lemah. Pada perbankan syariah khususnya pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tulungagung jumlah nasabah yang melakukan pembiayaan setiap bulannya tidak menentu, kadang mengalami kenaikan dan bahkan mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini yaitu, menganalisis perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan dan dari faktor kebudayaan dan psikologis mana yang lebih mempengaruhi perilaku nasabah dalam pengambilan produk pembiayaan di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Dalam pengumpulan data bersumber dari lapangan, melalui metode quesioner. Selain itu dalam penelitian ini juga digunakan penelitian pustaka (library research) sebagai pendukung kesempurnaan data. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Tulungagung dengan sempel sejumlah 100 orang. Tehnik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Probability Sampling dengan kategori Simpel Random Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, 1) Variabel kebudayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. 2) Variabel psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. 3) Variabel kebudayaan dan psikologis secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih atau kontribusi variabel independen terhadap keputusan memilih sebesar 23,3% sedangkan sisanya sebesar 76,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan dari nilai t hitung kedua variabel, yang paling besar adalah variabel kebudayaan yaitu 5,342 dan t tabel adalah 1,660. Maka variabel yang dominan dalam keputusan memilih di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tulungagung adalah variabel kebudayaan. Kata Kunci : Kebudayaan, Psikologis dan Keputusan Nasabah Memilih.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153229 NUR ANGGRAINI
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:10
Last Modified: 21 Aug 2019 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13120

Actions (login required)

View Item View Item