PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MATEMATIKA ILMU ALAM (MIA) MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA WONODADI

MUHAMAD SAFI’I, 17210153030 (2019) PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MATEMATIKA ILMU ALAM (MIA) MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA WONODADI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (611kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Penerapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi pada Peserta Didik Kelas XI Matematika Ilmu Alam (MIA) Madrasah Aliyah Darul Huda Wonodadi” ini ditulis oleh Muhamad Safi’i, NIM. 17210153030, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung 2019, dengan dosen pembimbing Dr. Mohammad Jazeri, M.Pd. Kata kunci: pendekatan saintifik, langkah-langkah, teks eksplanasi, menulis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas, seperti keterampilan menulis masih kurang. Keterampilan menulis yang efektif merupakan penerapan dari langkah-langkah yang ada pada pendekatan saintifik. Langkah-langkah dalam penerapan pendekatan saintifik ada 5 langkah (5M). Langkah pertama mengamati, langkah kedua menanya, langkah ketiga mencoba, langkah keempat menalar, dan langkah kelima yaitu mengomunikasikan. Pada umumnya kemampuan menulis peserta didik pada kelas XI masih pada taraf pembelajaran awal, sehingga peneliti fokus pada penerapan pendekatan saintifik yang diterapkan oleh pendidik dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI Matematika Ilmu Alam (MIA) di Madrasah Aliyah Wonodadi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) bagaiamana penerapan langkah-langkah pendekatan saintifik dalam pembelajaran teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI Matematika Ilmu Alam (MIA) Madrasah Aliyah Darul Huda Wonodadi?; 2) bagaiaman kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi melalui pendekatan saintifik di kelas XI Matematika Ilmu Alam (MIA) Madrasah Aliyah Darul Huda Wonodadi? Tujuan deskripsi dari penulisan skripsi ini adalah 1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI Matematika Ilmu Alam (MIA) Madrasah Aliyah Darul Huda Wonodadi; 2) mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi melalui pendekatan saintifik di kelas XI Matematika Ilmu Alam (MIA) Madrasah Aliyah Darul Huda Wonodadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumen, observasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data berupa strategi pendidik dalam menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik dan digunakan untuk memperoleh informasi dari peserta didik. Dokumen digunakan untuk memperoleh data berupa hasil perencanaan dan hasil pembelajaran. Sedangkan teknik Observasi digunakan untuk melengkapi dan memperkuat data yang diperoleh dari hasil wawancara dan dokumen. Hasil penerapan pendekatan saintifik melalui langkah-langkah 5M di kelas XI Matematika Ilmu Alam (MIA) Madrasah Aliah Darul Huda Wonodadi berupa pembelajaran yang aktif, mandiri, berpikir intelektual, dan melatih keterampilan menulis serta melatih keretampilan berbicara. Hasil dari proses pembelajaran berupa teks eksplanasi yang lengkap dengan struktur dan kaidah kebahasaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210153030 MUHAMAD SAFI’I
Date Deposited: 21 Aug 2019 08:42
Last Modified: 21 Aug 2019 08:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13136

Actions (login required)

View Item View Item