ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGI DALAM PENULISAN TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 TULUNGAGUNG

SUBAIDAH KASO, 17210153037 (2019) ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGI DALAM PENULISAN TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstark.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Morfologi dalam Penulisan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Subaidah Kaso, NIM 17210153037, Pembimbing Bapak Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd. Kata kunci : Alisis kesalahan afiksasi, kata depan. Bahasa pada dasarnya merupakan ucapan seseorang atau dianggap bahasa lisan dan dipelajari sebelum bahasa tulisan. Pada 1928 bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa nasional, sedangkan bahasa Indonesia baru dinyatakan kedudukannya sebagai bahasa negara kemerdekaan, yakni bersama dengan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia pada 18 Agustus 1945. Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara menjadikannya sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan. Hal ini berakibat pada penggunaan bahasa secara baik dan benar oleh setiap orang Indonesia khususnya guru dan siswa yang berkiprah dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penting ditanamkan pada siswa penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam setiap kegiatan pembelajaran. Hanya saja permasalahannya masih banyak ditemukan kesalahan berbahasa yang dilakukan baik guru atau siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa siswa sering terjadi kesalahan penggunaan afiksasi dan kata depan dalam penulisanya. Bahkan seperti mereka sudah terbiasa menulis tanpa memerhatikan afiksasi dan kata depan. Hal ini disebabkan dan ketidaktahuan siswa dalam penggunaan afiksasi dan kata depan, sehinga mengakibatkan siswa belum mampu memahami penggunaan afiksasi dan kata depan secara tepat dan benar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana kesalahan penggunaan afiksasi dalam penulisan teks deskripsi siswa kelas VII MTs Negeri 1 Tulungaung? (2) bagaimana kesalahan penggunaan kata depan dalam penulisan teks deskripsi siswa kelas VII MTs Negeri 1 Tulungagung? adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan penggunaan afiksasi dalam penulis teks deskripsi siswa kelas VII MTs Negeri 1 Tulungagung dan mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata depan dalam penulisan teks deskripsi siswa kelas VII MTs Negeri 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Sumber data berasal dari hasil karya siswa yaitu teks deskripsi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan membaca secara keseluruhan teks deskripsi yang menjadi objek penelitian, menganalisis kesalahan afiksasi dan kata depan dalam teks deskripsi siswa kelas VII MTs Negeri 1 Tulunagung. Hasil analisis bentuk kesalahan penggunaan afiksasi dan kata depan dalam teks deskripsi siswa bahwa terjadi kesalahan 2 bagian dari afiksasi dan 2 bagian dari kata depan. Penggunaan kesalahan prefiks 19 kesalahan dan penggunaan kesalahan sufiks 4 kesalahan. Kesalahan penggunaan kata depan “di” 41 kesalahan dan kesalahan kata depan “ke” 3 kesalahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210153037 SUBAIDAH KASO
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:13
Last Modified: 26 Aug 2019 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13146

Actions (login required)

View Item View Item