STRATEGI GURU QUR'AN HADITS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA DI MTS ASSYAFI'IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

LUTHFITA IHVALIN, 17201153156 (2019) STRATEGI GURU QUR'AN HADITS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA DI MTS ASSYAFI'IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (546kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (760kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (413kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Qur’an Hadits dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung”, ditulis oleh Luthfita Ihvalin, NIM. 17201153156. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Anissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. NIP. 19700817 199803 2001. Kata kunci : Strategi Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada anak remaja khususnya dikalangan pelajar yang kurang mampu dan kurang minat dalam membaca al-Qur’an bahkan ada yang belum bisa membaca al-Qur’an sama sekali. Yang lebih miris lagi jika keadaan ini terjadi pada pelajar di lembaga pendidikan Islam yakni di madrasah, pun yang terjadi di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi guru Qur’an Hadits yang dapat memberikan bimbingan, pengajaran, pengarahan dan motivasi kepada siswa dalam mengembangkan kemampuan membaca al-Qur’an mereka. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : (1) Bagaimana strategi guru Qur’an Hadits di dalam kelas untuk mengembangkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru Qur’an Hadits di luar kelas dalam mengembangkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (3) Bagaimana faktor penghambat strategi guru Qur’an Hadits dalam mengembangkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (4) Bagaimana solusi guru Qur’an Hadits dalam mengatasi hambatan pengembangan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru Qur’an Hadits di dalam kelas untuk mengembangkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru Qur’an Hadits di luar kelas dalam mengembangkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat strategi guru Qur’an Hadits dalam mengembangkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, (4) Untuk mendeskripsikan solusi guru Qur’an Hadits dalam mengatasi hambatan pengembangan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsaan data yang digunakan yaitu: memperpanjang waktu kehadiran, ketekunan atau keajegan pengamatan, dan triagulasi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Strategi guru Qur’an Hadits di dalam kelas untuk mengembangkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa adalah dengan menggunakan pendekatan individu, menggunakan metode latihan (drill), dan pemanfaatan media dan alat pembelajaran yang disesuaikan dengan materi, (2) Strategi guru Qur’an Hadits di luar kelas dalam mengembangkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa adalah dengan hidden curriculum pembelajaran al-Qur’an, hidden curriculum tadarus al-Qur’an, dan menggunakan metode an-Nahdhiyah, (3) Faktor penghambat strategi guru Qur’an Hadits dalam mengembangkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa adalah kurangnya kedisiplinan siswa dan dari faktor lingkungan keluarga, disebabkan karena kurangnya perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca al-Qur’an anaknya, (4) Solusi guru Qur’an Hadits dalam mengatasi hambatan pengembangan kemampuan membaca al-Qur’an siswa adalah dengan dinasihati tentang pentingnya dan manfaat al-Qur’an di dunia dan di akhirat, kemudian ditegur bahkan diberi hukuman serta memberikan informasi kepada orangtua tentang kegiatan madrasah dalam meningkatkan kemampuan baca al-Qur’an dan memberikan himbauan untuk mendukungnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153156 LUTHFITA IHVALIN
Date Deposited: 26 Aug 2019 06:12
Last Modified: 02 Apr 2020 12:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13176

Actions (login required)

View Item View Item