ELIA KUSNA, 17205153271 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL MELALUI GADGET TERHADAP KEPRIBADIAN DAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK MI AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (828kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (329kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (455kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “ Pengaruh Penggunaan Media Sosial Melalui Gadget Terhadap Kepribadian dan Hasil Belajar Tematik Peserta didik di MI Alhidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung 2018/2019”, ini ditulis oleh Elia Kusna NIM. 1725053271. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag, M.Pd. NIP. 197211271997032001. Kata Kunci : Media Sosial, Kepribadian, dan Hasil Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial melalui gadget terhadap kepribadian dan hasil belajar tematik peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang semakin maju terutama teknologi komunikasi yakni gadget yang menawarkan banyak aplikasi dan disinyalir memiliki dampak negative, sehingga pihak kepala madrasah, guru, orang tua siswa, dapat memiliki acuan atau pedoman dalam meminimalisir dampak yang terjadi sehingga siswa lebih terfokus terhadap proses belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan Media Sosial melalui gadget terhadap kepribadian peserta didik MI AlHidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung ? (2) Adakah pengaruh penggunaan Media Sosial melalui gadget terhadap hasil belajar tematik peserta didik MI AlHidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh secara bersama penggunaan Media Sosial melalui gadget terhadap kepribadian dan hasil belajar tematik peserta didik MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung ?. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasi dengan populasi sebesar 201 siswa kelas 1 sampai kelas VI di MI Al-hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung dengan jumlah sampel diambil 15% dar jumlah populasi yaitu berjumlah 32 siswa. Variabel terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan Media Sosial melalui gadget dan variabel terikat kepribadian dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media sosial melalui gadget terhadap kepribadian siswa mempunyai pengaruh yang signifikansi dengan bukti nilai r hitung > r tabel atau 0.412 > 0.349 pada taraf signifikansi 5% untuk responden (N) sebanyak 32. (2) penggunaan media sosial melalui gadget terhadap hasil belajar siswa mempunyai pengaruh yang signifikansi dengan bukti r hitung > r tabel atau 0.401 > 0.349 pada taraf signifikansi 5% untuk responden (N) sebanyak 32. (3) penggunaan media sosial melalui gadget terhadap hasil belajar siswa mempunyai pengaruh yang signifikansi dengan bukti nilai sig. kurang dari 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153271 ELIA KUSNA |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 02:46 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 02:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13177 |
Actions (login required)
View Item |