PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL MELALUI GADGET TERHADAP KEPRIBADIAN DAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK MI AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

ELIA KUSNA, 17205153271 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL MELALUI GADGET TERHADAP KEPRIBADIAN DAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK MI AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (455kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “ Pengaruh Penggunaan Media Sosial Melalui Gadget Terhadap Kepribadian dan Hasil Belajar Tematik Peserta didik di MI Alhidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung 2018/2019”, ini ditulis oleh Elia Kusna NIM. 1725053271. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag, M.Pd. NIP. 197211271997032001. Kata Kunci : Media Sosial, Kepribadian, dan Hasil Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial melalui gadget terhadap kepribadian dan hasil belajar tematik peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang semakin maju terutama teknologi komunikasi yakni gadget yang menawarkan banyak aplikasi dan disinyalir memiliki dampak negative, sehingga pihak kepala madrasah, guru, orang tua siswa, dapat memiliki acuan atau pedoman dalam meminimalisir dampak yang terjadi sehingga siswa lebih terfokus terhadap proses belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan Media Sosial melalui gadget terhadap kepribadian peserta didik MI AlHidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung ? (2) Adakah pengaruh penggunaan Media Sosial melalui gadget terhadap hasil belajar tematik peserta didik MI AlHidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh secara bersama penggunaan Media Sosial melalui gadget terhadap kepribadian dan hasil belajar tematik peserta didik MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung ?. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasi dengan populasi sebesar 201 siswa kelas 1 sampai kelas VI di MI Al-hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung dengan jumlah sampel diambil 15% dar jumlah populasi yaitu berjumlah 32 siswa. Variabel terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan Media Sosial melalui gadget dan variabel terikat kepribadian dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media sosial melalui gadget terhadap kepribadian siswa mempunyai pengaruh yang signifikansi dengan bukti nilai r hitung > r tabel atau 0.412 > 0.349 pada taraf signifikansi 5% untuk responden (N) sebanyak 32. (2) penggunaan media sosial melalui gadget terhadap hasil belajar siswa mempunyai pengaruh yang signifikansi dengan bukti r hitung > r tabel atau 0.401 > 0.349 pada taraf signifikansi 5% untuk responden (N) sebanyak 32. (3) penggunaan media sosial melalui gadget terhadap hasil belajar siswa mempunyai pengaruh yang signifikansi dengan bukti nilai sig. kurang dari 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153271 ELIA KUSNA
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:46
Last Modified: 26 Aug 2019 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13177

Actions (login required)

View Item View Item