SHIROTUDIN MUSTHOFA, 17201153133 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FALAH SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
|
Text
a. Cover.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
b. ABSTRAK.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
c. DAFTAR ISI.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
d. BAB I.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
e. BAB II.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
f. BAB III.pdf Download (655kB) | Preview |
|
|
Text
g. BAB IV.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
h. BAB V.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
i. BAB VI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
j. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Fikih di MTs Darul Falah Sumbergempol” ini ditulis oleh Shirotudin Musthofa, NIM. 17201153133, dibimbing oleh Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci : Kompetensi, Pedagogik, Guru, Prestasi, Belajar, Fikih Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pengelolaan pembelajaran seorang guru atau biasa disebut dengan kompetensi pegagogik yang harus dimiliki guru dalam menjalankan tugasnya agar proses belajar mengajar dapat dilaksanakan secara efektif, efisien dan dapat dilakukan secara kondusif sehingga mempunyai hasil yang diharapkan. Seorang guru sangat berpengaruh pada terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran fikih di MTs Darul Falah Sumbergempol. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru tentang pemahaman kepada peserta didik terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Fikih di MTs Darul Falah Sumbergempol ? 2) Adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru tentang pembelajaran yang mendidik terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Fikih di MTs Darul Falah Sumbergempol ? 3) Adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru tentang evaluasi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Fikih di MTs Darul Falah Sumbergempol ? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru tentang pemahaman kepada peserta didik terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Fikih di MTs Darul Falah Sumbergempol. 2) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru tentang pembelajaran yang mendidik terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Fikih di MTs Darul Falah Sumbergempol. 3) pengaruh kompetensi pedagogik guru tentang evaluasi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Fikih di MTs Darul Falah Sumbergempol. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTs Darul Falah Sumbergempol yang terdiri dari empat kelas. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Stratified Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Sumbergempol dan hasil Rapor Semester Ganjil. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis dalam penelitian ini analisis regresi dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru tentang pemahaman peserta didik terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Fikih di MTs Darul Falah Sumbergempol. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi t untuk variabel kompetensi pedagogik guru tentang pemahaman peserta didik adalah 0,041 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,041 < 0,05) dan nilai t hitung = 2,140 > t tabel = 2,045 berarti H0 ditolak. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru tentang pembelajaran yang mendidik terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Fikih di MTs Darul Falah Sumbergempol. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi t untuk variabel kompetensi pedagogik guru tentang pembelajaran yang mendidik adalah 0,012 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,012 < 0,05) dan nilai t hitung = 2,669 < t tabel = 2,045 berarti H0 ditolak. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru tentang evaluasi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Fikih di MTs Darul Falah Sumbergempol. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi t untuk variabel kompetensi pedagogik guru tentang evaluasi pembelajaran adalah 0,020 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,020 < 0,05) dan nilai t hitung = 2,458 < t tabel = 2,045 berarti H0 ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | shirot 17201153133 shirotudin musthofa |
Date Deposited: | 29 Aug 2019 04:10 |
Last Modified: | 29 Aug 2019 04:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13201 |
Actions (login required)
View Item |