ASMAUL HUSNA, 17205153111 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SDI AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (678kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (320kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (142kB) |
||
Text
Bab I.pdf Download (273kB) |
||
|
Text
Bab II.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (192kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Di SDI Al Hidayah Samir Ngunut” ini ditulis oleh Asmaul Husna, NIM. 17205153111, pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M. Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Pemahaman Konsep Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang masih banyak terjadi pada perkembangan pendidikan siswa sekolah dasar yaitu kesulitan dalam pelajaran matematika. Sulitnya pembelajaran matematika pada diri anak disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang tepat sehingga mengakibatkan anak tidak memiliki minat dan keinginan untuk mempelajari dengan baik pelajaran tersebut. Mengingat pembelajaran matematika sangat penting dengan kehidupan sosial anak, diharapkan mereka tahu pemahaman konsep dasar matematika untuk menunjang pembelajaran pembelajaran berikutnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalaah strategi guru dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui alat peraga edukatif. Sehingga pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui alat peraga edukatif di SDI Al Hidayah Samir Ngunut? (2) Bagaimana implementasi guru dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui alat peraga edukatif di SDI Al Hidayah Samir Ngunut? (3) Bagaimana hasil pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran matematika melalui alat peraga edukatif di SDI Al Hidayah Samir Ngunut? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan guru dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui alat peraga edukatif di SDI Al Hidayah Samir Ngunut. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika melalui alat peraga edukatif di SDI Al Hidayah Samir Ngunut. (3) Untuk mengetahui hasil pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran matematika melalui alat peraga edukatif di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut. Skripsi ini bermanfaat bagi SDI Al Hidayah Samir Ngunut dan juga lembaga lain sebagai bahan masukan atau pertimbangan utamanya dalam mengembangkan pembelajaran matematika melalui alat peraga edukatif, bagi pendidik SDI Al Hidayah Samir Ngunut sebagai masukan untuk menemukan strategi pembelajaran yang lebih baik utamanya strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir, bagi siswa SDI Al Hidayah Samir Ngunut sebagai masukan mengenai pentingnya memahami konsep dasar matematika, karena matematika merupakan ilmu dasar dari ilm-ilmu yang lainnya, bagi peneliti selanjutnya digunakan sebagai pengkajian lanjut terkait strategi guru dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, tes tulis, wawancara, dan dokumetasi. Dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi partisipan (participant observation) guna mengetahui, menelaah, menggambarkan situasi yang ada di SDI Al Hidayah Samir terkait strategi guru dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika di sekolah. Wawancara mendalam digunakan untuk mengetahui informasi tentang strategi seperti apa yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika melalui wawancara kepala sekolah, guru kelas V dan juga beberapa siswa. Kemudian dokumentasi digunakan sebagai bukti adanya penelitian. Tes tulis digunakan sebagai bukti sejauh mana anak paham dengan pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan guru dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui alat peraga edukatif ini dilakukan dengan mulai dari mempersiapkan alat peraga matematika dengan sebaik mungkin, menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dalam mengembangkan pembelajaran, serta penanaman pemahaman pada diri pendidik terkait materi yang harus diajarkan sehingga sebelum guru mampu memahamkan siswanya, kunci dari keberhasilan pendidik dalam mengajar ialah terlebih harus memahamkan dirinya sendiri. (2) Implementasi guru dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui alat peraga edukatif terjadi pada kegiatan inti. Ada tiga tahapan dalam pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Penerapan dari strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir tersebut terjadi pada tahapan inti yang mana guru membiarkan siswa untuk mengemukakan ide-ide atau konsep yang ditemuinya saat pembelajaran berlangsung. Dari ide-ide tersebut guru bersama siswa meluruskan penemuan-penemuan dan bersama-sama memecahkan suatu permasalahan sehingga menemukan sebuah kesimpulan. (3) Hasil dari implementasi guru dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui alat peraga edukatif ini sangat jelas bahwa anak akan lebih bisa menerima pembelajaran dengan sangat baik ketika meggunakan media yang bersifat konkrit. Dengan bantuan alat peraga tersebut, siswa mampu menjelaskan bagaimana konsep atau ide dari suatu bahan ajar. Kenyataan bahwa mereka mampu menyelesaikan suatu persoalan secara abstrak dari pembelajaran yang konkrit ini menunjukkan tahap berpikir mereka sudah mencapai tingkat pemahaman.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153111 ASMAUL HUSNA |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 08:20 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 08:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13207 |
Actions (login required)
View Item |