PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

MUHAMMAD BADRUZ ZAMAN, 17201153165 (2019) PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (394kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI Dalan Membentuk Kepribadian Muslim Siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung ”, ini ditulis oleh Muhammad Badruz Zaman, NIM. 17201153165, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A Kata kunci: Peran guru PAI, Kepribadian Muslim Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena banyaknya remaja yang meniru budaya barat yang modern dan bebas. Dari sini peranan guru Pendidikan Agama Islam sangatlah diperlukan dalam membentuk kepribadian muslim siswa yang sesuai dengan niliai-nilai moral dan nilai-nilai keagamaan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) bagaimana peran guru PAI dalan membentuk kepribadian muslim siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? (2) Hambatan guru PAI dalan membentuk kepribadian muslim siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? (3) Dampak guru PAI dalan membentuk kepribadian muslim siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalan membentuk kepribadian muslim siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (2) untuk mendeskripsikan hambatan guru PAI dalan membentuk kepribadian muslim siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (3) untuk mendeskripsikan dampak guru PAI dalan membentuk kepribadian muslim siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi kepala MTs Negeri 1 Blitar sebagai sumbangan pemikiran bagi kepala MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi guru di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung sebagai bahan kajian untuk memperbaiki kepribadian siswa. bagi perpustakaan IAIN Tulungagung untuk menambah ilmu pengetahuan koleksi bacaan dan informasi Mahasiswa. Bagi para pembaca dan peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Peran guru PAI dalan membentuk kepribadian muslim siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung adalah memberi hikmah/contoh kepada siswa untuk bisa dipratekkan dalam kehidupan sehari-hari disela-sela pembelajaran PAI, guru PAI kerjasama dengan civitas sekolah yakni memberikan sebuah motivasi berupa ukiran bertuliskan motto hidup dan panca jiwa santri yang ada digedung madrasah, progam pembiasaan dengan membiasakan berdoa dan tadarus sebelum memulai pelajaran, dan memberikan wawasan dan pengalaman siswa-siswi untuk rutinitas berbahasa asing arab dan inggris (2) Hambatan guru PAI dalan membentuk kepribadian muslim siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung adalah faktor lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. (3) Dampak guru PAI dalan membentuk kepribadian muslim siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung adalah tumbuhnya kedisiplinan dan tumbuhnya rasa tanggung jawab pada diri peserta didik, berkahlakul karimah, dan aktif menjalankan ibadah, serta siswa atau santri dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman, guru bahkan masyarakat dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153165 MUHAMMAD BADRUZ ZAMAN
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:19
Last Modified: 10 Sep 2019 02:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13213

Actions (login required)

View Item View Item