AFIFAH NUR HANIA, 17205153206 (2019) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN LINGUISTIK, KECERDASAN MATEMATIS-LOGIS DAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PESERTA DIDIK SDI AL-HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (788kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (691kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (361kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (436kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (426kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik, Kecerdasan Matematis-logis dan Kecerdasan Kinestetik melalui kegiatan Ekstrakurikuler Peserta Didik SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung”ini ditulis oleh Afifah Nur Hania, NIM.17205153206, pembimbing Germino Wahyu Broto,M.Si. Kata Kunci : Peran Guru, Kecerdasan, Ekstrakurikuler Penelitian skripsi ini dilatar belakangi fenomena peranan penting guru dalam dunia pendidikan. Guru tidak hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan akademik saja, tetapi guru juga mempunyai peranan penting dalam mengembangkan kecerdasan siswa melalui kegiatan non-akademik yaitu ekstrakurikuler. Peserta didik di SDI Al-Hakim memiliki beragam kecerdasan yang berbeda dalam setiap individu, oleh karena itu peranan guru sangat diperlukan dalam megembangkan kecerdasan siswa. Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang beragam siswa dapat mengembangkan bakat, minat dan kemampuannya. Kecerdasan tidak semata-mata diukur dari kecerdasan dalam menjawab pembelajaran semata, namun keceradasan manusia juga harus bernilai kemampuan untuk menyelesaikan masalah, kemampuan menemukan persoalan-persoalan baru dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu. Fokus Penelitian ini adalah:(1) Bagaimana peran guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik melalui kegiatan ekstrakurikuler peserta didik SDI Al-Hakim Boyolangu (2) Bagaimana peran guru dalam mengembangkan kecerdasan matematis-logis melalui kegiatan ekstrakurikuler peserta didik SDI Al-Hakim Boyolangu (3) Peran guru dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan ekstrakurikuler pesrta didik sdi Al-Hakim Boyolangu Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peran guru dalam membentuk kecerdasan linguistik melalui kegiatan ekstrakulikuler peserta didik SDI Al Hakim Boyolangu. (2) Untuk mengetahui peran guru dalam membentuk kecerdasan matematis-logis melalui kegiatan ekstrakulikuler peserta didik SDI Al Hakim Boyolangu. (3) Untuk mengetahui peran guru dalam membentuk kecerdasan kinestik melalui kegiatan ekstrakulikuler peserta didik SDI Al Hakim Boyolangu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologis. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dari kepala sekolah, guru dan peserta didik. Prosedur pengambilan data meliputi : metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi : reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teori. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Peran guru dalam mengembangakan kecerdasan linguistik melalui kegiatan ekstrakurikuler pesrta didik SDI Al-Hakim ditandai dengan: (a) SDI Al-Hakim memiliki banyak kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang dapat meningkatkan kecerdasan siswa. (b) Guru berperan meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui kecerdasan linguistik. (c) Peran guru sangat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mengembangkan kemampuan kecerdasan linguistik. (d) Peran guru dalam mengapresiasi karya siswa masih perlu perlu ditingkatkan/dikembangkan (2) Peran guru dalam mengembangkan kecerdasan matematis-logis melalui kegiatan ekstrakurikuler peserta didik SDI Al-Hakim ditandai dengan: (a) Guru berperan dalam meningkatkan kemampuan matematis-logis siswa dalam berfikir kritis dan logis serta mudah dalam pengolahan angka melalui metode jarimatika yang dapat melatih siswa untuk terampil dalam menggunakan jari ketika menghitung. (b) Peran guru sangat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mengembangkan kemampuan kecerdasan matematis-logis. (c) Peran guru belum maksimal dalam menggunakan metode jarimatika karena tidak sembarang guru bisa menguasai metode jarimatika. (3) Peran guru dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan ekstrakurikuler peserta didik SDI Al-Hakim ditandai dengan: (a) Guru berperan melatih kemampuan psikomotrik siswa melalui metode demonstrasi. (b) Peran guru juga sangat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik. (c) Guru memfasilitasi, mendorong dan memotivasi siswa berprestasi dalam bidang olahraga. (d) Guru berperan mengajarkan siswa untuk menyeimbangkan pikiran dan fisik melalui kecerdasan kinestetik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153206 Afifah Nur Hania |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 03:10 |
Last Modified: | 26 Mar 2020 07:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13226 |
Actions (login required)
View Item |