PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SDI AL HAKIM MARON BOYOLANGU TULUNGAGUNG

LAILI DWI SULISTYANI, 17205153292 (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SDI AL HAKIM MARON BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Laili Dwi Sulistyani dibimbing oleh Dita Hendriani, MA. Kata Kunci : Prestasi Belajar Matematika Siswa, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual. Pengaruh antara kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap prestasi matematika adalah suatu kondisi pengelolaan emosi siswa baik yang ditunjukkan siswa pada saat berada di kelas maupun di luar kelas dan kemampuan untuk memaknai dan menilai hidup sekaligus materi matematika dalam konteks yang lebih tinggi dan lebih luas terhadap mata pelajran matematika. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi matematika siswa kelas V SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019? (2) Apakah ada pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi matematika siswa kelas V SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019? (3) Apakah ada pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap prestasi matematika siswa kelas V SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan Penelitian : (1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi matematika siswa kelas V SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi matematika siswa kelas V SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap prestasi matematika siswa kelas V SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Sumber data dalam penelitian korelasional ini adalah siswa kelas V SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data (1) Dokumentasi, (2) Observasi, (3) Angket. Teknik analisis data yang digunakan Analisis Regresi Berganada. Berdasarkan analisis data yang didapatkan : (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai t_hitung sebesar 4,310. Sedangkan t_tabel adalah 2,030. Nilai signifikansi t untuk variabel kecerdasan emosional adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,000<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi matematika. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai t_hitung sebesar 10,182. Sedangkan t_tabel adalah 2,030. Nilia signifikansi t untuk variabel kecerdasan intelektual adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,000<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi matematika. (3) Berdasarkan perhitungan menunjukkan F_hitung> F_tabel 61,390>3,275 dan tingkat signifikan 0,000<0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas a yang ditetapkan (0,000<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap prestasi matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153292 LAILI DWI SULISTYANI
Date Deposited: 02 Sep 2019 07:58
Last Modified: 02 Sep 2019 07:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13251

Actions (login required)

View Item View Item