STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MUHAMMAD HAZMIL AKBAR, 17201153291 (2019) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Hazmil Akbar, NIM 17201153291, “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Sultan Agung Jabalsari” Jurusan Pendidikan Agama Islam, 2019, Pembimbing Dr.Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci : Strategi guru, Motivasi belajar Penelitian ini dilatarbelakangi adanya banyak sekali guru yang belum mampu memberikan strategi pembelajaran di kelas sehingga anak didik banyak yang bosan dalam menerima pembelajaran. Faktanya dalam pendidikan di Indonesia masalah dalam menyampaikan stategi pembelajaran sangat kurang. Jika startegi pembelajaran menggunakan hal yang menarik akan membuat siswa menjadi lebih giat dalam belajar sehingga bisa meningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini memiliki fokus masalah 1. Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian angka di MTs Sultan Agung Jabalsari ? 2. Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian hadiah di MTs Sultan Agung Jabalsari ? 3. Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian tugas di MTs Sultan Agung Jabalsari ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus yang ada di MTs Sultan Agung Jabalsari. Teknik pengumpulan data yang digunakan In-depht Interview, observasi, teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1. Strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian angka di MTs Sultan Agung Jabalsari yaitu nilai itu ada setelah ujian berlangsung dan tanya jawab dari guru. Adanya sebuah nilai membuat siswa lebih semangat untuk belajar karena kalau ujian akan mendapatkan nilai yang maksimal. 2. Strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian hadiah di MTs Sultan Agung Jabalsari bahwasanya guru akidah akhlak selalu memberi hadiah kepada siswanya. Hadiah diberikan pada akhir semester yang mendapatkan nilai bagus. Adapun bentuk hadiah yang diberikan berupa buku-buku, hal ini bermaksud agar hadiah tersebut dapat berguna terutama di bidang pelajaran akidah akhlak. 3. Strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian tugas di MTs Sultan Agung Jabalsari dengan cara memberikan tugas kepada siswa untuk mencari sebuah sumber-sumber materi dari internet, membentuk kelompok diskusi, tugas untuk mengerjakan lembar kerja siswa (LKS), menghafal surat-surat pendek dan pekerjaan rumah (PR). Memberikan tugas merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153291 MUHAMMAD HAZMIL AKBAR
Date Deposited: 06 Sep 2019 08:09
Last Modified: 06 Sep 2019 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13297

Actions (login required)

View Item View Item