ALFIANA WIDIASTUTI, 17402153041 (2019) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA PADA INDUSTRI ES DROP DI KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (25kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (83kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (231kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (30kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Pada Industri Es Drop Di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Alfiana Widiastuti, NIM.17402153041, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung, pembimbing Sri Eka Astutiningsih,S.E.,M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan persaingan usaha yang semakin ketat, maka perusahaan dituntut untuk mampu mengantisipasi ancaman dari para pesaing melalui manajemen pemasaran yang dijalankan, salah satunya pada industri es drop di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Keunggulan yang dimiliki industri es drop di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek terletak pada kondisi lokasi perusahaan yang ditunjang oleh ketersediaan bahan baku yang melimpah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan strategi segmentasi, target, dan posisi untuk meningkatkan daya saing usaha pada industri es drop di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. (2) Mendeskripsikan strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan daya saing usaha pada industri es drop di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. (3) Mendeskripsikan analisis SWOT strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing usaha pada industri es drop di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode analisis SWOT dengan alat bantu analisis berupa matrik IFAS, matrik EFAS, matrik SWOT dan matrik diagram SWOT. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perusahaan es drop UD. Cita Rasa dan UD. Sari Kelapa di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek menerapkan strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing usaha melalui, (1) Pembagian segmentasi pasar berdasarkan letak geografis, demografis, psikografis, dan tingkah laku konsumen. Target pasar yang dijadikan tujuan pemasaran adalah pasar di wilayah pinggiran dan perkotaan, serta memposisikan produk kepada konsumen berdasarkan jangkauan masyarakat menengah kebawah dengan kualitas produk yang terjamin. (2) Perusahaan memproduksi es drop berbagai rasa dengan harga berkisar Rp 1000-Rp 2000. Promosi produk dilakukan kurang optimal karena kurang mampu memanfaatkan teknologi yang ada. Distribusi produk oleh perusahaan dilakukan melalui agen, sasaran penjualan selanjutnya adalah pedagang ecer. Karyawan yang dimiliki terdiri dari 4-7 orang yang ditugaskan berdasarkan bidangnya. Gedung, mesin produksi, dan kendaraan pengiriman sebagai bukti fisik perusahaan. Proses pembuatan es drop sangat higienis menggunakan bahan-bahan alami tanpa pengawet. 3) Analisis SWOT strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing usaha pada industri es drop di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek matrik IFAS dan EFAS menunjukkan industri ini berada pada posisi sel I, artinya usaha ini memiliki peluang lingkungan dan kekuatan yang mendorong dimanfaatkannya peluang yang ada. Kata kunci: Segmentasi, target, posisi, bauran pemasaran dan analisis SWOT
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 17402153041 ALFIANA WIDIASTUTI |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 01:54 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 01:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13318 |
Actions (login required)
View Item |