RAHMA YUANITA, 17201153389 (2019) PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (872kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (394kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembinaan Akhlak Siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Rahma Yuanita, NIM. 17201153389, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. M. Arif Faizin. M. Pd. Kata Kunci : Pembinaan, akhlak siswa Penelitian ini di latar belakangi oleh pembinaan merupakan usaha untuk membangun yang berarti melakukan tindakan untuk menuju ke arah yang lebih baik. Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan macam-macam perbuatan dengan gampang dan mudah, tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. Akhlak yang di bina dengan baik akan memiliki pengaruh yang besar terhadap pribadi seorang anak. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah (1) proses pembinaan akhlak di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (2) dampak pembinaan akhlak siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (3) dan hambatan pembinaan akhlak siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah membantu siswa dalam mewujudkan perubahan baik melalui proses pembinaan yang dilaksanakan, meminimalisir hambatan yang terjadi selama proses pembinaan, guna mendapatkan hasil atau dampak yang diharapkan dari setiap proses pembinaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan data yang diperoleh dari penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, studi dokumentasi yang dianalisis secara deskriftif kualitatif. Kemudian tahap-tahap penelitian terdiri dari tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan, tahap akhir penelitian. Hasil analisis (1) setelah proses pembinaan ini adalah terlihat adanya perubahan dari tahap pembinaan pertama, siswa mengurangi perilaku penyimpangan yang terjadi di lingkungan sekolah selama proses pembelajaran dikelas maupun diluar kelas. (2) Dampak yang terjadi selama proses pembinaan akhlak menghasilkan perubahan yang baik dari setiap siswa, hal itu dengan dukungan pemberian motivasi dari pihak yang terkait di lingkungan lembaga yang bersangkutan. (3) Untuk mendapatkan dampak yang diharapkan terdapat beberapa hambatan, hambatan tersebut muncul dari dalam diri siswa sendiri maupun dari pihak sekolah, dan sarana prasarana sekolah. Untuk mengatasi beberapa hambatan tersebut perlu adanya kerjasama antara siswa dan pihak sekolah yang terkait dari MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PEMBINAAN 17201153389 RAHMA YUANITA |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 07:29 |
Last Modified: | 16 Sep 2019 07:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13349 |
Actions (login required)
View Item |