PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MI HIDAYATUTH THOLIBIN KARANGTALUN TULUNGGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

KHUSNUL WALIDAH, 17205153153 (2019) PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MI HIDAYATUTH THOLIBIN KARANGTALUN TULUNGGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (698kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (644kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (413kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (926kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Tulunggagung Tahun Ajaran 2018/2019 .”, Ini ditulis oleh Khusnul Walidah, NIM. 17205153153. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag, NIP. 197608272005011005. Kata Kunci: Metode Resitasi, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya dalam memahami pentingnya Metode Resitasi karena guru dalam penyampaian materi hanya menggunakan metode yang monoton, akibatnya siswa akan malas belajar dan hasil belajar akan menjadi rendah maka dari itu dibutuhkan metode resitasi untuk mengaktifkan siswa dalam kegiatan belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Adakah pengaruh pembelajaran dengan metode resitasi terhadap motivasi belajar matematika di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun? 2) Adakah pengaruh pembelajaran dengan metode resitasi terhadap hasil belajar matematika di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun? 3) Adakah pengaruh pembelajaran dengan metode resitasi terhadap motivasi dan hasil belajar matematika di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun? Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran dengan metode resitasi terhadap motivasi belajar matematika di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun. 2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran dengan metode resitasi terhadap hasil belajar matematika di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun. 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran dengan metode resitasi terhadap motivasi dan hasil belajar matematika di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Tulungagung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 110 peserta didik dan sampel penelitian sejumlah 20 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda, uji t, uji F dan sumbangan efektif yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, uji linieritas. Pengujian – pengujian tersebut menggunakan bantuan program komputer SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis data dalam penelitian ini antara lain: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara metode resitasi terhadap motivasi belajar matematika peserta didik di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung (7,174) > ttabel (1,7341) dan signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara metode resitasi terhadap hasil belajar matematika peserta didik di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung (6,932) > ttabel (1,7341) dan signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Ada pengaruh yang signifikan antara metode resitasi terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung (33,205) > Ftabel (3,590) dan signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153153 KHUSNUL WALIDAH
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:50
Last Modified: 09 Sep 2019 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13360

Actions (login required)

View Item View Item