PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI DARUSSALAM, KOLOMAYAN, BLITAR

ERNIS SAYULVA ASYKURUN NIKMAH, 17205153205 (2019) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI DARUSSALAM, KOLOMAYAN, BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan berjudul “ Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V di MI Darussalam, Kolomayan, Blitar”. Yang ditulis oleh Ernis Sayulva Asykurun Nikmah, NIM 17205153205, Selaku pembimbing skripsi Ibu Dita Hendriani, MA. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung. Kata Kunci: Metode Outdoor Learning, Aktivitas dan Hasil Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh aktivitas belajar siswa yang kurang memuaskan karena faktor model pembelajaran yang kurang menarik, siswa menjadi tidak faham dalam pembelajaran, siswa menganggah pelakjaran IPA sangatlah sulit dan pelajaran yang membosankan, serta guru hanyalah memakai metode konvensional sehingga siswa menjadi bosan dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran akan menghasilkan suatu perubahan dan peningkatan kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan pada diri siswa. Siswa mampu menggali kemampuannya dengan rasa ingin tahunya sehingga interaksi yang terjadi akan menjadi pengalaman dan keinginan untuk mengetahui sesuatu yang baru.Dengan demikian guru menggunkan inovasi dalam pembelajaran yang baru dengan menggunkan Metode Outdoor Learning. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini antara lain: (1). Adakah pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap Aktivitas belajar siswa kelas V di MI Darussalam, Kolomayan, Blitar? (2). Adakah pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap Hasil belajar siswa kelas V di MI Darussalam, Kolomayan, Blitar? (3). Adakah pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di MI Darussalam, Kolomayan, Blitar. Berdasarkan rumusan masalah diatas tujuan penelitian ini adalah:(1). Untuk mengetahui pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di MI Darussalam, Koloayan, Blitar. (2). Untuk mengetahui pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap aktivitas belajar siswa kelas V di MI Darussalam, Koloayan, Blitar. (3). Untuk mengetahui pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V di MI Darussalam, Koloayan, Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kelas eksperimen pembelajaran yang menggunkan Metode Outdoor Learning dan kelas kontrol melakukan pembelajaran yang menggunakan gambar. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darussalam, Kolomayan, Blitar. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, soal tes, dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah regresi dengan uji t-test dan manova / uji F Pada analisis data menggunakan uji regresi dan manova. Pada analisis data uji t-test aktivitas belajar menunjukkan bahwa nilai 0,003 < 0,05, maka

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153205 ERNIS SAYULVA ASYKURUN NIKMAH
Date Deposited: 13 Sep 2019 02:34
Last Modified: 13 Sep 2019 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13371

Actions (login required)

View Item View Item