PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI DARUSSALAM KOLOMAYAN WONODADI BLITAR

FRISCA FATIMATUL ZAHRO, 17205153162 (2019) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI DARUSSALAM KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (561kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa di MIDarussalam Kolomayan Wonodadi Blitar”ini ditulis oleh Frisca Fatimatul Zahro, NIM. 17205153162 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung. Ibu Dita Hendriani. M.A. selaku dosen pembimbing skripsi. Kata kunci: Metode Mind Mapping, Kreativitas Belajar Fiqih, Hasil Belajar Fiqih Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh hasil belajar Fiqih peserta didik yang kurang memuaskan dikarenakan beberapa faktor. Diantara faktor tersebut adalah metode pembelajaran kurang menarik, peserta didik tidak terlibat dalam proses pembelajaran, peserta didik menganggap Fiqih pelajaran yang membosankan, serta guru masih sering menggunakan metode pembelajaran ceramah sehingga peserta didik menjadi kurang aktif. Dengan demikian diperlukan inovasi baru dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan metode Mind Mapping. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh metode Mind Mapping terhadap kreativitas belajar Fiqih pada materi kurban siswa kelas V MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar? (2)Adakah pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar Fiqih pada materi kurban siswa kelas V MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar? (3)Adakah pengaruh metode pembelajaran Mind Papping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa kelas V MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Mind Mapping terhadap kreativitas belajar Fiqih siswa kelas V MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar. (2)Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas V MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar. (3)Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Mind Mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar Fiqih siswa kelas V MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Jenis eksperimen yang dipilih oleh peneliti adalah Quasi Eksperimen Design atau eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design.Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, wawancara, angket, test, dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-testRegresi linear sederhana dan Uji FManova (Regresi linear ganda). Pada analisi data menggunakan uji t-testRegresi linear sederhana Pengaruh metode Mind Mappingterhadap Kreativitasbelajar, menunjukkan bahwa nilai Sig adalah 0,043. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa 0,043< 0,05. Sehingga terdapat pengaruh pada metode Mind Mapping peserta didik antara kelas eksperimen . Pada analisi data menggunakan uji t-testRegresi linear sederhana Pengaruh metode Mind Mappingterhadap Hasilbelajarmenunjukkan bahwa nilai Sig.adalah 0,017. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa 0,017< 0,05. Sehingga terdapat perbedaan hasil belajarpeserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan metode Mind Mapping. Pada analisi data menggunakan uji FManovamenunjukkan bahwa nilai Sigadalah 0,002. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa 0,002< 0,05. Sehingga terdapat perbedaan kreativitas dan hasil belajarpeserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan metode Mind Mapping.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153162 FRISCA FATIMATUL ZAHRO
Date Deposited: 13 Sep 2019 02:38
Last Modified: 13 Sep 2019 02:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13375

Actions (login required)

View Item View Item