UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTSN 2 TULUNGAGUNG

ADIB MINANUROHMAN, 17201153205 (2019) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTSN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MTsN 2 Tulungagung” ini di tulis oleh Adib Minanurohman, NIM. 17201153205, di bimbing oleh Drs. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci : upaya guru akidah akhlak, meningkatkan minat belajar Penelitian ini berusaha menjelaskan berbagai upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa, termasuk juga dengan faktor penghambat dan pendukung yang ditemui guru dalam meningkatkan minat belajar siswa. Minat menjadi suatu yang sangat penting yang mampu mempengaruhi suatu tindakan dilakukan, dalam hal ini berkaitan dengan belajar, minat menjadi dorongan dalam pribadi siswa untuk mempermudah memahami atau mempelajari materi pelajaran khususnya yang disampaikan oleh guru. mengingat pentingnya meningkatkan minat belajar siswa, maka peneliti menyusun penelitian terkait upaya guru Akidah akhlak dalam meningkatkan minat belajar siswa. Fokus skripsi ini adalah: (1) Bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTsN 2 Tulungagung ? (2) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTsN 2 Tulungagung (3) Bagaimana dampak upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTsN 2 Tulungagung ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTsN 2 Tulungagung. (2) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTsN 2 Tulungagung (3) Mendeskripsikan dampak upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Lokasi penelitian ini di Desa Tunggangri, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan data reduksi (reduksi data), data display (penyajian data), consclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Pengabsahan data mengunakan perpanjangan kehadiran peneliti, triagulasi dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTsN 2 Tulungagung dimulai dari menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, teknik pembelajaran yang menyenangkan, dan guru mengevaluasi tingkat minat belajar siswa. (2) faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dikategorikan dalam dua bagian, yaitu pertama dari kepribadian siswa sendiri meliputi kurang pahamnya pentingnya pelajaran akidah akhlak, dan sifat siswa yang bandel serta sering ramai. Sedangkan yang kedua dari lingkungan siswa yang kurang mendukung, orang tua menjadi TKI, serta pengaruh perkembangan gadged. Faktor pendukung upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu berupa lingkungan madrasah yang keakraban antara guru dan murid terjalin dengan baik. (3) Dampak dari upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan minat belajar siswa sangat baik terhadap tingkat minat belajar siswa, dikehui dari perubahan tingkah laku siswa pada saat pembelajaran memperhatikan, terlihat tertarik,dan tidak bosan, bahkan para siswa merasa senang dan akrab dengan guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153205 Adib Minanurohman
Date Deposited: 13 Sep 2019 03:16
Last Modified: 26 Jun 2020 01:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13414

Actions (login required)

View Item View Item