STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ULFA NUR AZIZAH, 17201153224 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Agama Islam dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, ini di tulis oleh Ulfa Nur Azizah dibimbing oleh Dr. H. Mochamad Arif Faizin,M.Ag Kata Kunci : Strategi guru, Kenakalan Siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi akhir-akhir ini kenakalan siswa semakin menarik perhatian. Permasalahnya semakin meningkat, bukan dalam frekuensinya tetapi yang lebih mengkhawatirkan adalah juga karena variasi intensitasnya. Kenakalan siswa merupakan masalah yang dirasakan sangatlah penting dan menarik untuk dibahas karena siswa merupakan tumpuhan harapan bagi masa depan bangsa dan negara serta agama. Untuk mewujudkan semuanya demi kejayaan bangsa dan negara serta agama, maka sudah tentu menjadi kewajiban dan tugas bersama baik orang tua, pendidik (guru) dan pemerintah untuk mempersiapkan generasi muda menjadi generasi yang tangguh dan berwawasan atau berpengetahuan yang luas dengan jalan membimbing dan menjadikan mereka semua warga negara yang baik dan bertanggung jawab secara moral. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana bentukbentuk kenakalan siswa di SMPN 1 Sumbergempol? 2) Bagaimana upaya guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa di SMPN 1 Sumbergempol? 3) Bagaimana faktor penghambat dan solusi guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa di SMPN 1 Sumbergempol? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMP Negeri Sumbergempol, untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol, untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan solusi guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol. Skripsi ini bermanfaat untuk pengembangan khazanah keilmuan, sebagai referensi atau rujukan, dan pustaka pada perputakaan IAIN Tulungagung, sebagai masukan SMPN 1 Sumbergempol peneliti ini secara praktis di harapkan berguna sebagai bahan masukan mengambil kebijakan dalam rangka mengantisipasi adanya kenakalan siswa. Bagi pembaca/peneliti untuk memberikan pemahaman kepada pembaca akan pentingnya upaya guru dalam pencegahan kenakalan siswa. Adapun upaya ini bertujuan untuk mencegah kobrobokan moral yang melanda bangsa ini. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian sebagai berikut : (1) Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. (2) Data dan sumber data, narasumber (informan), peristiwa atau aktivitas, lokasi penelitian , dokumen/arsip. (3) Teknik pengumpulan data adalah observasi partisipan, dokumentasi dan wawancara mendalam. (4) Teknik analisis data adalah reduksi data, pemaparan atau penyajian data dan penarikan kesimpulan. (5) Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan Pengamat, triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hal-hal yang menjadi penyebab kenakalan siswa di SMPN 1 Sumbergempol disebabkan karena adanya beberapa pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Dan bentuk kenakalan siswa di SMPN 1 Sumbergempol tergolong dalam kenakalan ringan yang tidak sampai melanggar hukum, sedangkan upaya yang dilakukan guru PAI menggunakan upaya preventif, represif dan kuratif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153224 ULFA NUR AZIZAH
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:27
Last Modified: 17 Sep 2019 07:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13418

Actions (login required)

View Item View Item