PEMBELAJARAN PAI BERBASIS BLENDED LEARNING DALAM MEMBENTUK MULTIPLE INTELLEGENCE SISWA (Studi Multi Situs di MTsN 1 Tulungagung dan MTsN 3 Tulungagung)

EFENDI, 12506174020 (2019) PEMBELAJARAN PAI BERBASIS BLENDED LEARNING DALAM MEMBENTUK MULTIPLE INTELLEGENCE SISWA (Studi Multi Situs di MTsN 1 Tulungagung dan MTsN 3 Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pembelajaran PAI Berbasis Blended Learning dalam Membentuk Multiple Intellegence siswa (Studi Multi Situs di MTsN 1 Tulungagung dan MTsN 3 Tulungagung)” ini ditulis oleh Efendi dengan dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam. M. Pd. I, dan Dr. Maftukhin, M.Ag. Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Blanded Learning, Multiple Intellegence. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pembelajaran agama Islam yang hanya menggunakan pembelajaran klasik atau pembelajaran tatap muka saja di dalam proses pembelajarannya. Perkembangan pendidikan dan teknologi telah membawa perubahan yang sangat cepat pada hampir semua aspek kehidupan manusia, maka dari itulah usaha mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia perlu terus menerus dilakukan secara terstruktur, efektif dan efisien dalam keseluruhan proses pengembangannya. Menjadi guru yang melek teknologi merupakan sebuah keniscayaan. Hal ini terkait dengan peran guru sebagai guru masa depan dan juga kemampuan dan penguasaan siswa terhadap teknologi sudah sedemikian maju. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI berbasis blended learning dalam membentuk multiple intellegence siswa?; (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis blended learning dalam membentuk multiple intellegence siswa?;(3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI berbasis blended learning dalam membentuk multiple intellegence siswa?. Penelitian ini ditulis dengan menggunakn rancangan penelitian studi multi situs dengan menggunakan pendekatan kualitatif dimana peneliti berkedudukan sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis menggunakan analisis kasus tunggal yang dilanjutkan dengan analisis lintas situs, serta dalam pemerikasaan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan Triangulasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran PAI berbasis blanded learning dalam membentuk multiple intellegence siswa di MTsN 1 Tulungagung dan MTsN 3 Tulungagung yaitu: guru menyiapkan bahan-bahan materi, media, dan metode dan menyusun RPP diawal sebelum pembelajaran dilaksanakan. Pihak sekolah menyediakan sarana dan prasarana dengan baik supaya tujuan pembelajaran berbasis blanded learning tersebut dapat mencapai tujuan yang di inginkan. Aplikasi, e-mail dan whatsapp digunakan oleh guru untuk berinteraksi di luar jam pelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis blanded learning di MTsN 1 Tulungagung dan MTsN 3 Tulungagung yaitu: Siswa bisa belajar di dalam kelas dengan guru dan di luar kelas dengan mengakses internet untuk mencari materi ajar sekaligus menambah wawasan dengan menggunakan fasilitas wifi yang disediakan sekolah atau mengakses internet saat di rumah menggunakan Handphone. Pengarahan guru dalam memilih sumber di dalam internet memang sangat perlu guna memperoleh data yang valid sehingga data tersebut tidak berbeda jauh dengan materi yang disampaikan oleh guru. (3) Evaluasi pembelajaran PAI berbasis blended learning dalam membentuk multiple intellegence siswa di MTsN 1 Tulungagung dan MTsN 3 Tulungagung yaitu: Guru memberikan tugas siswa meresume materi, mengadakan diskusi kelompok dengan tema yang sudah ditentukan lalu siswa mencari sumbernya dari internet. Guru memberikan materi di kelas kemudian guru akan memberi tugas pada siswa melalui online, dengan tugas antara lain meresume materi yang sudah guru sampaikan dengan tambahan mencari sumber-sumber dari internet untuk di presentasikan dikelas secara kelompok. dari situ guru bisa mengetahui mengenai multiple intellegence siswa yang terbentuk secara alami. Dengan pembelajaran PAI berbasis blanded learning maka multiple intellegence siswa yang terbentuk adalah kecerdasan linguistik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan spasial dan kecerdasan intra personal.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174020 EFENDI
Date Deposited: 20 Sep 2019 01:36
Last Modified: 20 Sep 2019 01:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13423

Actions (login required)

View Item View Item