PENGARUH PENGGUNAAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR

DHENOK RIZQI NASITHOH, 17205153302 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Quantum LearningTerhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Matematika kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir”. Ditulis oleh Dhenok Rizqi Nasithoh NIM: 17205153302, dibimbing oleh Nany Soengkono Madayani, SS, M.Pd Kata kunci: Model Quantum Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini berlatar belakang karena rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dimana pembelajaran masih berpusat pada guru. Dengan metode pembelajaran tersebut peserta didik menjadi kurang mandiri dan pasif. Metode pembelajaran yang kurang menyenangkan menyebabkan peserta didik kurang tertantang dalam mengikuti proses pembelajaran. Inovasi pembelajaran dengan variasi yang cocok sesuai dengan kebutuhan peserta didik diperlukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Menyikapi hal tersebut, peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Learning untuk mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Adakah pengaruh penggunaan model Quantum Learning terhadap motivasi belajar siswa pelajaran matematika kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir? 2). Adakah pengaruh penggunaan model Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pelajaran matematika kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir? 3). Seberapa besarkah pengaruh penggunaan model Quantum Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pelajaran matematika kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir?.Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Menjelaskan pengaruh penggunaan model Quantum Learning terhadap motivasi belajar siswa pelajaran matematika kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir 2). Menjelaskan pengaruh penggunaan model Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pelajaran matematika kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir 3). Menjelaskan pengaruh penggunaan model Quantum Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pelajaran matematika kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu, teknik sampling menggunakan teknik pertimbangan (purposive sampling). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas V A dan V B yaitu 44 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model Quantum Learning terhadap motivasi belajar siswa pelajaran matematika kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk motivasi belajar pelajaran Matematika diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,001 atau 0,1%. karena signifikansi < 0,05 atau 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model Quantum Learning terhadap motivasi belajar siswa pelajaran matematika yaitu sebesar 99,9%. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pelajaran matematika kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk hasil belajar Matematika diperolehSig.(2- tailed) sebesar 0,004 atau 0,4%. Karena signifikansi < 0,05 atau 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model Quantum Learning terhadap motivasi belajar siswa pelajaran matematika yaitu sebesar 99,6%. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model Quantum Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pelajaran matematika kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung KalidawirHal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk motivasi belajar dan hasil belajar pelajaran Matematika diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,001 atau 0,1%. Karena signifikansi < 0,05 atau 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh penggunaan model Quantum Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pelajaran matematika kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir yaitu sebesar 99,9%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153302 DHENOK RIZQI NASITHOH
Date Deposited: 17 Sep 2019 08:07
Last Modified: 17 Sep 2019 08:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13431

Actions (login required)

View Item View Item