FURI PERMATA FITRI SUSANTI, 17201153163 (2019) PENGARUH METODE REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FIQIH SISWA-SISWI KELAS VII MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (383kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (256kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Furi Permata fitri Susanti NIM: 17201153163. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul: Pengaruh Metode Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Fiqih Siswa-Siswi Kelas VII MTsN 1 Tulungagung. Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag, NIP. 196903311994031002. Kata Kunci: Reward, Punishment, dan Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih dijumpai siswa-siswi yang tidak fokus dalam proses pembelajaran. Ditambah adanya kemampuan guru yang berbeda dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik. Maka dari itu, perlu suatu metode untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu pemberian penguatan berupa reward (hadiah) dan punishment (hukuman). Penguatan positif dalam bentuk reward diberikan sebagai bentuk apresiasi pendidik kepada peserta didik karena menunjukkan sikap positif yang ditunjukkan peserta didik, sedangkan penguatan negatif dalam bentuk punishment merupakan bentuk perhatian yang diberikan guru kepada peserta didik karena peserta didik menunjukkan sikap negatif dan pelanggaran. Dengan adanya kedua metode tersebut diharapkan siswa tidak bosan dalam proses pembelajaran di kelas dan dapat meningkatkan kedisiplinan siswa agar lebih tertib dan tidak mengganggu dalam proses pembelajaran. Sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Dalam penelitian ini peneliti bermaksud mengungkap tingkat kebermanfaatan atau keefektifan metode reward dan punishment kelas VII MTsN 1 Tulungagung dihubungkan dengan motivasi belajar Fiqih siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh metode Reward terhadap motivasi belajar Fiqih siswa-siswi kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tulungagung. (2) Mengetahui pengaruh metode Punishment terhadap motivasi belajar Fiqih siswa-siswi kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tulungagung. (3) Mengetahui pengaruh metode Reward dan Punishment terhadap motivasi belajar Fiqih siswa-siswi kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tulungagung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu, variabel bebas: metode reward (X1) dan punishment (X2), variabel terikat: motivasi belajar (Y). Populasi: seluruh siswa kelas VII di MTsN 1 Tulungagung yang berjumlah 287 siswa. Sampling: cluster random sampling. Sampel: 63 siswa. Sumber data responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data: observasi, angket, dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan uji t-test dan Anova. Hasil penelitian: 1) Ada pengaruh metode reward terhadap motivasi belajar, dibuktikan dengan thitung > ttabel yakni 3.314 > 1.670 dengan sig. sebesar 0.02 < 0.05 2) Ada pengaruh metode punishment terhadap motivasi belajar dibuktikan dengan thitung > ttabel yakni 3.330 > 1.670 dengan sig. sebesar 0.02 < 0.05 3) Ada pengaruh metode reward dan punishment terhadap motivasi belajar, dibuktikan dengan diperoleh nilai signifikansi (0.02 < 0.05) dan nilai fhitung > ftabel (10.985 > 3.14).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153163 FURI PERMATA FITRI SUSANTI |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 04:42 |
Last Modified: | 15 Oct 2019 04:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13439 |
Actions (login required)
View Item |