STRATEGI PENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI DALAM MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (Studi Multisitus di MI Nurul Huda Kepanjen Kidul Blitar dan SD Islam Almaarif 02 Singosari Malang)

DWI NURINDAH, 12505174014 (2019) STRATEGI PENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI DALAM MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (Studi Multisitus di MI Nurul Huda Kepanjen Kidul Blitar dan SD Islam Almaarif 02 Singosari Malang). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)

Abstract

ABSTRAK Dwi Nurindah, NIM. 12505174014, “Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Berbasis Kompetensi dalam Menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (Studi Multi situs di MI Nurul Huda Kepanjen Kidul Blitar dan SD Islam Almaarif 02 Singosari Malang)”, Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr.Hj. Elfi Mu’awanah, M.Pd dan Dr. Adi Wijayanto, M.Pd Kata Kunci: Strategi, Mutu Pembelajaran, Kompetensi, Stategi merupakan upaya guru yang salah satunya untuk mencapai meningkatkan mutu pembelajaran. Mutu pembelajaran yang dalam ranah kemampuan siswa, yang diujikan dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Fokus penelitiannya adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi peningkaan mutu pembelajaran berbasis kompetensi dalam menghadapi USBN di MI Nurul Huda Kepanjen Kidul Blitar dan SD Islam Almaarif 02 Singosari Malang; (2) Bagaimana pelaksanaan strategi peningkatan mutu pembelajaran berbasis kompetensi dalam menghadapi USBN di MI Nurul Huda Kepanjen Kidul Blitar dan SD Islam Almaarif 02 Singosari Malang; (3) Bagaimana evaluasi strategi peningkatan mutu pembelajaran berbasis kompetensi dalam menghadapi USBN di MI Nurul Huda Kepanjen Kidul Blitar dan SD Islam Almaarif 02 Singosari Malang. Tujuan penelitian untuk menganalisis, (1) Perencanaan strategi peningkatan mutu pembelajaran berbasis kompetensi dalam menghadapi USBN di MI Nurul Huda Kepanjen Kidul Blitar dan SD Islam Almaarif 02 Singosari Malang. (2) Pelaksanaan strategi peningkatan mutu pembelajaran berbasis kompetensi dalam menghadapi USBN di MI Nurul Huda Kepanjen Kidul Blitar dan SD Islam Almaarif 02 Singosari Malang. (3) evaluasi pada strategi peningkatan mutu pembelajaran berbasis kompetensi dalam menghadapi USBN di MI Nurul Huda Kepanjen Kidul Blitar dan SD Islam Almaarif 02 Singosari Malang. Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multi situs, lokasinya di MI Nurul Huda Kepanjen Kidul Blitar dan SD Islam Almaarif 02 Singosari Malang, sumber datanya guru kelas, siswa, waka kurikulum, waka kesiswaan. Pengumpulan data adalah observasi partisipasi,wawancara mendalam, dokumentasi. Analisis data melalui analisis data situs tunggal lalu analisis data lintas situs. Keabsahan data diperoleh dengan pepanjangan kehadiran, ketekunan pengamatan, teknik triangulasi, dan diskusi teman sejawat Hasil penelitian: (1) Perencanaan guna Menghadapi USBN guru yang dipersiapkan pembelajaran diantaranya, ruangan kelas, materi yang diambil dari kisi-kisi USBN, pembuatan modul, pembuatan penjadwalan, juga pembagian tugas guru. (2) Pelaksanaan strategi guna persiapan USBN dilaksanakan dalam strategi efektif dalam pembelajaran dan mengatasi masalah dalam pembelajaran. (3) Bentuk evaluasi pada strategi guna persiapan USBN yaitu Try Out.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505174014 DWI NURINDAH
Date Deposited: 30 Sep 2019 04:05
Last Modified: 30 Sep 2019 04:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13446

Actions (login required)

View Item View Item