PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI POKOK SEGI EMPAT PADA SISWA KELAS VII MTsN 2 KOTA BLITAR

ZIDNI ILMA NAFI’AH, 2814133213 (2019) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI POKOK SEGI EMPAT PADA SISWA KELAS VII MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Pokok Segi Empat Pada Siswa Kelas VII MTsN 2 Kota Blitar” ditulis oleh Zidni Ilma Nafi’ah, NIM 2814133213, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes., Ph. D Kata kunci: Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Pemahaman Konsep. Penelitian ini membahas tentang pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep matematika materi pokok segi empat pada siswa kelas VII MTsN 2 Kota Blitar. Kajian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya siswa dalam memahami konsep matematika. Sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa yang menurun. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep matematika materi pokok segi empat pada siswa kelas VII MTsN 2 Kota Blitar. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep matematika materi pokok segi empat pada siswa kelas VII MTsN 2 Kota Blitar Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen semu. Populasinya berjumlah 350 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas VII-F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-I sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji-t (Indepenent Sample T – Test) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep matematika materi pokok segi empat pada siswa kelas VII MTsN 2 Kota Blitar. Hal ini terbukti dari dengan . 2) Besar pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep matematika materi pokok segi empat pada siswa kelas VII MTsN 2 Kota Blitar adalah 0,8539 yang dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s tergolong tinggi dengan persentase lebih dari 79%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133213 ZIDNI ILMA NAFI’AH
Date Deposited: 04 Oct 2019 01:27
Last Modified: 04 Oct 2019 01:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13473

Actions (login required)

View Item View Item