PEMBELAJARAN AKHLAK MELALUI KITAB ADAB AL-’ALIM WA AL-MUTA’ALLIM BAGI SANTRI (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Darissulaimaniyyah Trenggalek dan Pondok Pesantren Banin Banat Al- Mubtadiien kediri)

AKHMAD IKHWANUDDIN, 12506174002 (2019) PEMBELAJARAN AKHLAK MELALUI KITAB ADAB AL-’ALIM WA AL-MUTA’ALLIM BAGI SANTRI (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Darissulaimaniyyah Trenggalek dan Pondok Pesantren Banin Banat Al- Mubtadiien kediri). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (515kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (224kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pembelajaran Akhlak melalui Kitab Adabul `Alim Walmutaalim” (studi Multi Situs di Pondok Pesantren Darissulaimaniyyah Trenggalek dan Pondok Pesantren Banin Banat Al- Mubtadiien kediri)” ini ditulis oleh Ana Isnaini Sholihah, dengan dibimbing oleh Akhmad Ikhwanuddin dengan dibimbing oleh Dr. H. As`aril Muhajir, M.Ag, dan Dr. Hj Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I Kata Kunci : Pembelajaran, Akhlak, Kitab Adabul ‘Alim Walmuta’alim, Santri Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh adanya keprihatinan di era globalisasi ini terkait masalah dekadensi moral yang semakin meningkat, sehingga para orang tua semakin khawatir terhadap dampak negatif dari globalisasi, yaitu seperti tawuran antar sekolah, mengonsumsi miras atau narkoba, pemerkosaan, seks bebas, pencabulan, pencurian dan lain lain. Dari beberapa kasus ini praktisi pendidikan salah satunya pondok pesantren merasa perlu meberikan perhatian pada masalah ini. Salah satunya dengan memberikan pembelajaran akhlak melalui kitab Adab al-’Alim wa al-Muta’allim sehingga dapat meminimalisir dekadensi moral dan membentuk akhlak pada santri. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah : (1) Bagaiamana nilai- nilai akhlak santri dalam kitab Adab al-’Alim wa al-Muta’allim di Ponpes Darissulaimaniyyah Trenggalek dan Ponpes Banin Banat Al- Mubtadiien Kediri? (2) Bagaiamana Proses pembelajaran kitab Adab al-’Alim wa al-Muta’allim di Ponpes Darissulaimaniyyah Trenggalek dan Ponpes Banin Banat Al- Mubtadiien Kediri? (3) Bagaimana hasil pembelajaran kitab Adab al-’Alim wa al-Muta’allim di Ponpes Darissulaimaniyyah Trenggalek dan Ponpes Banin Banat Al- Mubtadiien Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian multisitus, yang lokasi penelitiannya berada di Pondok Pesantren Darissulaimaniyyah Trenggalek dan Pondok Pesantren Banin Banat AlMubtadiien Kediri, Dalam pemabahasan ini penulis menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi serta pengumpulan dokumen-dokumen dan data yang valid. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa proses pembelajaran Adab al-’Alim wa al-Muta’allim di Ponpes Darissulaimaniyyah Trenggalek dan Ponpes Banin Banat Al- Mubtadiien Kediri berjalan dengan baik dibuktikan dengan adanya akhlak santri yang harus dilakukan terhadap diri sendiri, akhlak kepada ustadz, akhlak kepada pembelajaran, akhlak terhadap kitab sebagai buku pelajaran, selain itu pembelajarannya juga menggunakan beberapa metode, diantaranya bandungan, tanya jawab, musyawaroh dan ceramah. Perubahan yang terjadi setelah murid (santri) mengikuti pembelajaran kitab Adab al-’Alim wa alMuta’allim ini yaitu santri sudah bisa menerapkan ke dalam kehidupan sehari hari, seperti menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, dalam berbicara juga sangat hati-hati, kitab-kitab yang digunakan tidak diletakkan disembarang tempat dan bersampul dengan rapi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174002 AKHMAD IKHWANUDDIN
Date Deposited: 30 Sep 2019 08:04
Last Modified: 30 Sep 2019 08:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13475

Actions (login required)

View Item View Item