STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN KOTA BLITAR

ZULFA NUR LAILA, 17201153162 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)

Abstract

Abstrak Zulfa Nur Laila, 17201153162. Skripsi dengan judul Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif dengan Peserta Didik pada Pembelajaran Fiqih di MAN Kota Blitar. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag. Kata kunci : Strategi, Komunikasi, Efektif Konteks penelitian ini dilatar belakangi oleh proses penyampaian materi yang terjadi antara guru dengan peserta didik, Pesan yang disampaikan dalam komunikasi tersebut berupa materi ajar. Namun, apakah komunikasi tersebut berjalan dengan efektif sehingga materi yang disampaikan dapat dipahami oleh peserta didik dan menimbulkan umpan balik yang positif. Tentu semua itu tergantung bagaimana seorang guru dapat mengambil hati dan perhatian peserta didik. Oleh sebab itu, peneliti mempunyai keinginan untuk mengetahui proses komunikasi yang terjadi antara guru dengan peserta didik yang menuntut guru harus mempunyai strategi dalam menyampaikan materi pembelajaran agar peserta didik dapat memahami materi secara efektif. Fokus penelitian : 1) Bagaimana strategi guru PAI dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan peserta didik pada pembelajaran Fiqh di MAN Kota Blitar? 2) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan peserta didik pada pembelajaran Fiqh di MAN Kota Blitar? 3) Bagaimana dampak pelaksanaan strategi guru PAI dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan peserta didik pada pembelajaran Fiqh di MAN Kota Blitar? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui strategi Guru PAI dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan peserta didik pada pembelajaran Fiqh di MAN Kota Blitar. 2) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung Guru PAI dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan peserta didik pada pembelajaran Fiqh di MAN Kota Blitar. 3) Mengetahui dampak pelaksanaan strategi Guru PAI dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan peserta didik pada pembelajaran Fiqh di MAN Kota Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif menggunakan analisis penalaran induktif. Mengambil latar belakang MAN Kota Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan pemberian makna terhadap data yang telah selesai dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah 1) Strategi guru PAI dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan peserta didik pada pembelajaran Fiqih di MAN Kota Blitar. Diantaranya adalah : mengawali pembelajaran dengan berdo’a, diberi apersepsi, penyampaian materi, diakhir pelajaran diadakan riview materi, praktik, diberi tugas rumah. 2) Faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan peserta didik pada pembelajaran Fiqh di MAN Kota Blitar. Diantaranya adalah : kelas panas, listrik padam, kepribadian siswa yang berbeda-beda, ada yang membaca novel, ada yang tertidur. 3) Dampak pelaksanaan strategi guru PAI dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan peserta didik pada pembelajaran Fiqh di MAN Kota Blitar. Diantaranya adalah : disiplin, berani menyampaikan argumen, tidak ada yang mencotek, paham dengan materi, tidak bosan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153162 ZULFA NUR LAILA
Date Deposited: 18 Oct 2019 07:43
Last Modified: 18 Oct 2019 07:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13556

Actions (login required)

View Item View Item