MOHAMMAD DINUL ISLAM, 17205153008 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN MUFRODAT BAHASA ARAB PESERTA DIDIK MI AL HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Mufrodat Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas III MI Al Hidayah 02 Betak” ditulis oleh Mohammad Dinul Islam NIM 17205153008 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di bimbing oleh Dr. H. Muh. Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Kemampuan Menghafal Mufrodat Penelitian dalam skripsi ini seorang guru harus dapat menciptakan suatu proses pembelajaran yang menekankan pada terjadinya proses belajar siswa secara aktif melalui berbagai kegiatan. Khususnya pada mata pelajaran bahasa arab. Mata pelajaran bahasa arab dirasa sulit oleh sebagian besar siswa karena berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya siswa kesulitan memahami materi bahasa arab. Pelajaran bahasa arab tidak lepas dari yang namanya mufrodat yakni kosakata-kosakata dalam bahasa arab. Dimana dalam memahami materi bahasa arab perlu mengetahui dan menghafalkan mufrodat-mufrodat yang ada. Selama ini guru bahasa arab hanya menyampaikan materi dengan metode ceramah dan Tanya jawab, bila guru hanya menggunkan strategi itu siswa akan mudah bosan ketika proses belajar mengajar berlangsung. Disinilah diperlukan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan mufrodat mata pelajaran bahasa arab kelas III MI Al Hidayah 02 Betak. Dengan adanya strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan hafalan mufrodat mata pelajaran bahasa arab kelas III dan menjadikan kondisi belajar yang efektif dan menyenangkan. Penelitian membahas tentang Strategi Guru dalam Menngkatkan Kemampuan Hafalan Mufrodat Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas III MI Al Hidayah 02 Betak . Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah proses kegiatan belajar mengajar bahasa arab kelas III MI Al Hidayah 02 Betak? 2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan mufrodat mata pelajaran bahasa arab kelas III MI Al Hidayah 02 Betak? 3) Bagaimana implikasi strategi guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan mufrodat mata pelajaran bahasa arab kelas III MI Al Hidayah 02 Betak?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk Mendiskripsikan proses kegiatan belajar mengajar bahasa arab kelas 3 MI Al Hidayah 02 Betak. 2) Untuk Mendiskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan mufrodat mata pelajaran bahasa arab kelas 3 MI Al Hidayah 02 Betak. 3) Untuk Mendiskripsikan implikasi strategi guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan mufrodat mata pelajaran bahasa arab kelas 3 MI Al Hidayah 02 Betak. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Proses kegiatan belajar mengajar di kelas III MI Al Hidayah 02 Betak tergolong kondusif, meski kondisi kelas tidak selalu sama terkadang ramai, terkadang juga tenang karena guru dalam mengondisikan kelas agar menjadi nyaman dan kondusif guru mengatur posisi duduk dan membuat perollingan tempat duduk serta menggunakan strategi pembelajaran. 2) Guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan mufrodat mata pelajaran bahasa arab kelas III di MI Al Hidayah 02 Betak antara lain guru bahasa arab di MI Al Hidayah 02 Betak mengajar tidak hanya menggunakan metode ceramah dengan strategi expositori saja, akan tetapi guru bahasa arab mengajar dengan menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa antusias mengikuti pembelajaran. Strategi guru yang digunakan adalah strategi expositori dan heuristik. 3) Hambatan dalam meningkatkan kemampuan hafalan mufrodat mata pelajaran bahasa arab kelas III MI Al Hidayah 02 Betak antara lain siswa itu sendiri, lingkungan, sarana, dan pra sarana yang ada dan solusi dari faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan hafalan mufrodat mata pelajaran bahasa arab kelas III MI Al Hidayah 02 Betak antara lain memberikan hadiah, memberikan nilai, memberikan pujian, dan lain sebagainya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153008 MOHAMMAD DINUL ISLAM |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 07:12 |
Last Modified: | 23 Oct 2019 07:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13560 |
Actions (login required)
View Item |