AHMAD FAUZI FATKHUROHMAN, 1721143026 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMAN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik di SMAN 1 Ngunut Tulungagung.” ini ditulis oleh Ahmad Fauzi Fatkhurohman, NIM. 1721143026, pembimbing Dr.Fathul Mujib, M.Ag, NIP: 197505232006041002 Kata Kunci: Strategi, Religiusitas Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin berkembangnya zaman di era kemodernitas ini sehingga banyak sekali anak muda zaman sekarang ini kurang mengetahui peran agama serta kurangnya penanaman nilai-nilai keagamaan di lingkungan. Maka hal itu sangat diperlukan adanya perhatian dari guru disekolah yaitu dengan penanaman nilai-nilai religius melalui pengetahuan, sikap dan perilaku keberagamaan. Dalam penelitian ini difokuskan pada tiga fokus masalah, yaitu: (1) Bagaimanan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pada dimensi pengetahuan keberagamaan di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pada dimensi sikap keberagamaan di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pada dimensi perilaku keberagamaan di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas peserta didik dengan pengetahuan, sikap dan perilaku keberagamaan di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperoleh berupa kata-kata dan tindakan, yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterpretasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipan pasif dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan, antara lain dilakukan dengan memperpanjang pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama, strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pengetahuan keberagamaan peserta didik melalui peningkatan kualitas pembelajaran dengan literasi dan juga internalisasi nilai-nilai keagamaan,. Kedua, dalam meningkatkan sikap keberagamaan peserta didik melalui keteladanan dengan mencontohkan kegiatan keagamaan serta pemberian nasihat setiap bertemu dengan peserta didik. Ketiga, dalam meningkatkan perilaku keberagamaan peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan seperti shalat berjamaah, infaq setiap jumat, hadrah, dan yasintahlil keliling. Selain itu juga penerapan kedisiplinan dengan pemberian hadiah dan juga hukuman.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143026 AHMAD FAUZI FATKHUROHMAN |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 03:05 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 03:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13624 |
Actions (login required)
View Item |