PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI SPIRITUAL TEACHING BERBASIS QUR’AN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTsN 1 BLITAR

ULFA LAILATU KHUSNIA, 1724143250 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI SPIRITUAL TEACHING BERBASIS QUR’AN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (648kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Spiritual Teaching Berbasis Qur’an Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Ulfa Lailatu Khusnia, NIM 1724143250, pembimbing Miswanto, M.Pd Kata kunci: Strategi pembelajaran Matematika, Spiritual teaching, Pembelajaran berbasis Qur’an. Strategi dalam pembelajaran matematika merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum memulai pembelajaran. Strategi spiritual teaching adalah strategi yang menekankan pada kedekatan spiritual antara guru dan siswa. Strategi Spiritual Teaching berbasis Qur’an pada pembelajaran matematika akan membantu siswa dalam memahami Matematika di dalam Al-Qur’an dengan mendekatkan spiritual guru dan siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah motivasi belajar matematika siswa dengan hasil belajar. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pembelajaran matematika dengan strategi spiritual teaching berbasis Qur’an terhadap motivasi belajar siswa di MTsN 1 Blitar? (2) Apakah ada pengaruh pembelajaran matematika dengan strategi spiritual teaching berbasis Qur’an terhadap hasil belajar siswa di MTsN 1 Blitar? (3) Apakah ada pengaruh pembelajaran matematika dengan strategi spiritual teaching berbasis Qur’an terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MTsN 1 Blitar? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling dalam penelitian ini purposive sampling. Sampel penelitian ini kelas VII-6 dan kelas VII-8. Seluruh sampel berjumlah 68 siswa. Sumber data penelitian ini adalah data primer. Terknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes dan angket, tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar dan angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa. Pembelajaran matematika dengan strategi spiritual teaching berbasis Qur’an adalah pendekatan dalam interaksi antara guru dan siswa upaya memotivasi dengan menitikberatkan pada kepribadian spiritual guru dengan mengkaitkan antara matematika dan Al-Qur’an sehingga tidak ada pemisah kedua ilmu tersebut. Peningkatan motivasi belajar siswa adalah salah satu yang dapat mendorong hasil belajar siswa lebih meningkat. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh pembelajaran matematika dengan strategi spiritual teaching berbasis Qur’an terhadap motivasi belajar siswa di MTsN 1 Blitar (2) ada pengaruh pembelajaran matematika dengan strategi spiritual teaching berbasis Qur’an terhadap hasil belajar siswa di MTsN 1 Blitar, (3) ada pengaruh pembelajaran matematika dengan strategi spiritual teaching berbasis Qur’an terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MTsN 1 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143250 ULFA LAILATU KHUSNIA
Date Deposited: 30 Oct 2019 07:13
Last Modified: 30 Oct 2019 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13644

Actions (login required)

View Item View Item