PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MIN 14 BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

EVI NI’MATUL AZIZAH, 17205153076 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MIN 14 BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Minat danHasil Belajar Matematika Siswa MIN 14 Blitar” ini ditulis oleh Evi Ni’matul Azizah, NIM.17205153076, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan GuruMadrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr.Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Model Make a Mtach, Minat, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam mempelajari Matematika. Hal ini dikarenakan pendidik masih menggunakan model ceramah yang masih kurang efektif dalam proses pembelajaran, Siswa dianggap pasif dalam pembelajaran, siswa hanya duduk dan mendengarkan penjelasan guru sehingga mereka merasa bosan. Dalampembelajaran hendaknya guru mampu memberikan suasana yang menyenangkanagar peserta didik bisa lebih memahami materi yang disampaikan, sehingga minatbelajar peserta didik dapat tumbuh dan mampu meningkatkan hasil belajar pesertadidik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap minat belajar matematika siswa MIN 14 Blitar? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa MIN 14 Blitar? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa MIN 14 Blitar? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap minat belajar matematika siswa MIN 14 Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa MIN 14 Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa MIN 14 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, jenis penelitiannyaquasi experiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 14 Blitar yang berjumlah 42 siswa. Dalam pengambilan sampel menggunkan teknik nonprobability sampling atau sampling jenuh, dengan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrument pengambilan data dalam penelitian ini adalah (1) Tes, (2) Angket, (3) Observasi, dan (4) Dokumentasi. Instrument angket digunakan untuk mengukur minat siswa, sedangkan tes yang berupa soal untuk mengukur hasil belajar. Instrument angket dan soal sebelum digunakan untuk mendapatkan data terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul maka akan di uji dengan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Ada pengaruh model pembelajaran koopertaif tipe make a match terhadap minat belajar matematika siswa MIN 14 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova minat belajar Matematika diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,049. Karena 0,049 < 0,05 maka H0ditolak dan Ha diterima. Dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap minat belajar Matematika siswa MIN 14 Blitar. (2) Ada pengaruh model pembelajaran koopertaif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa MIN 14 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova hasil belajar Matematika diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,023. Karena 0,023 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar Matematika siswa MIN 14 Blitar. (3) Ada pengaruh model pembelajaran koopertaif tipe make a match terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa MIN 14 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova hasil belajar Matematika diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,021. Karena 0,021 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap minat dan hasil belajar Matematika siswa MIN 14 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153076 EVI NI’MATUL AZIZAH
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:12
Last Modified: 08 Nov 2019 06:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13650

Actions (login required)

View Item View Item