TAUFIQURROHMAN, 17201153183 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (291kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (165kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (142kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (185kB) |
Abstract
Taufiqurrohman, NIM. 17201153183, Tahun 2019, Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. H. Kojin, M.A. Kata kunci: Strategi Guru PAI, Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Pendidikan memiliki peranan pokok dalam membentuk generasi mendatang. Hal itu sungguh penting dilakukan karena mengingat banyaknya kemerosotan moral yang melanda akibat pengaruh negatif dari era globalisasi serta kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Peran pendidikan di sekolah menjadi kuci kedua dalam pendidikan. Sehingga adanya tuntutan pembinaan akhlak siswa agar mereka tidak terpengaruh kedalam hal negatif. Oleh karena itu diperlukannya strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan Akhlakul Karimah siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung? (2) Apa hambatan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana dampak Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data, verifikasi (menarik kesimpulan). Untuk mengecek keabsahan data dilakukan melalui triangulasi teknik, dan auditing data. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa adalah dengan menggunakan strategi pembiasan melalui: bersalaman dengan Bapak/Ibu guru setiap pagi, membaca Al-Qur’an, sholat dhuha berjamaah, membaca yasin dan tahlil setelah sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, bertingkah dan berkata sopan. b) teladan melalui: berpakaian yang rapi, disiplin, santun, c) anjuran/nasehat melalui: proses pembelajaran di kelas, nasehat langsung ketika melakukan kesalahan, d) latihan melalui: tahfidz Qur’an, e) kompetisi melalui: perlombaan-perlombaan seperti MTQ, f) larangan melalui tata tertib sekolah, g) koreksi/pengawasan melalui: kerjasama dengan wali murid dalam hal pengawasan, h) hukuman melalui: hukuman yang mendidik seperti berkata kotor di suruh baca Astagfirullah dan lain sebagainya dan bekerjasama langsung dengan guru BP. (2) Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa antara lain: Kurangnya kesadaran siswa, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat. (3) dampak dari strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa adalah menjadikan pribadi lebih baik, dan terbiasa kedalam hal-hal positif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | TAUFIQURRO 17201153183 MAHASISWA |
Date Deposited: | 08 Jan 2020 07:05 |
Last Modified: | 13 Apr 2020 03:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13673 |
Actions (login required)
View Item |