IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA AL-QUR’AN SISWA SD ISLAM AL-BADAR KEDUNGAWARU TULUNGAGUNG

RESCY ASROPI, 17205153158 (2019) IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA AL-QUR’AN SISWA SD ISLAM AL-BADAR KEDUNGAWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (896kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (975kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Quran siswa di SD Islam Al-Badar Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Rescy Asropi, NIM. 17205153158, pembimbing oleh H. Muh. Nurul Huda,MA. NIP. 197404082007101003. Kata Kunci : Implementasi Metode Tilawati, Meningkatkan Kualitas Baca Al-Quran. Penelitian ini dilandasi oleh banyaknya metode-metode yang baru dalam meningkatkan kualitas baca Al-Quran, seperti metode tilawati. Metode tilawati merupakan suatu metode dalam pembelajaran Al-Quran yang menggabungkan pendekatan klasikal dan pendekatan induvidual dengan teknik baca simak yang menggunakan lagu rost serta menggunakan buku dan alat peraga sebagai media dan sarana belajar. Metode tilawati merupakan metode yang bagus di terapkan dalam meningkatkan kualitas baca Al-Quran dan terbilang metode yang variatif karena menggabungkan pendekatan klasikal dan pendekatan induvidual dengan teknik baca simak yang menggunakan lagu. Dengan lagu rost dapat membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan membuat santri menjadi lebih bersemangat lagi serta santri mampu membaca al-quran dengan tartil. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana implementasi metode tilawati dengan pendekatan klasikal dalam meningkatkan kualitas baca Al-Quran siswa di SD Islam Al-Badar Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi metode tilawati dengan pendekatan induvidual dengan teknik dalam meningkatkan kualitas baca Al-Quran siswa di SD Islam Al-Badar Kedungwaru Tulungagung? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kualitas baca Al-Quran siswa di SD Islam Al-Badar Kedungwaru Tulungagung?. Pendekatan penelitian adalah pendekatan penelitian kualitatif yaitu peneliti akan meneliti obyek alamiah atau fakta-fakta yang terjadi dilapangan. Sementara itu penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data penulis menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data peneliti menggunakan teknik ketekunan atau keajegan pengamatan dan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pendekatan klasikal telah diterapkan dengan baik dan mampu untuk membatu sekolah dalam meningkatkan kuliats baca Al-Quran siswa. (2) pendekatan induvidual dengan teknik baca simak membantu guru untuk mengetahui lebih detail kualitas baca Al-Quran masing-masing siwa karena pada saat pendekatan induvidual dengan teknik baca simak guru melakukan evaluasi kepada masing-masing siswa (3) Faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kualitas baca Al-Quran siswa di SD Islam Al-Badar Kedungwaru Tulungagung. Faktor pendukung antara lain tenaga pendidika yang terdiri dari latar belakang pendidikan kepribadian guru, kemampuan guru, peserta didik. terdiri dari minat belajar siswa kondisi siswa serta sarana dan prasarana. Selain faktor pendukung juga ada faktor penghambat , antara lain pengelolaan kelas lingkungan social.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153158 RESCY ASROPI
Date Deposited: 06 Nov 2019 07:32
Last Modified: 06 Nov 2019 07:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13724

Actions (login required)

View Item View Item