MOHAMAD DZAKIY SYAROFI, 1721143254 (2019) METODE PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (923kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (851kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (988kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Mohamad Dzakiy Syarofi. NIM. 1721143254. Metode Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MAN 2 Blitar. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. Fathul Mujib, M.Ag Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Kelancaran, Sesuai Tajwid, Kefasihan Makhraj. Penelitian ini di latarbelakangi oleh masih banyak ditemui para guru atau ustadzah yang mengajarkan Al-Qur’an masih belum sesuai dengan kaidah tajwid yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Selain itu seringkali dijumpai proses pembelajaran Al-Qur’an yang cenderung pasif, dimana siswa kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran sehingga suasana pembelajaran terlihat monoton dan membosankan, hal inilah yang membuat kurang efektifnya sebuah pembelajaran. Al-Qur’an merupakan kitab yang keauntetikannya dijamin oleh Allah, dan AlQur’an adalah kitab yang selalu dipelihara. Setiap muslim percaya bahwa apa yang dibaca dan didengarnya sebagai Al-Qur’an tidak berbeda sedikitpun dengan apa yang pernah dibaca oleh Rasulullah SAW, dan yang didengar serta dibaca oleh para sahabat Nabi SAW. Hal inilah yang menunjukkan bahwa Al-Qur’an benar-benar pedoman bagi seluruh manusia yang terjaga keasliannya sepanjang masa. Atas dasar itu, penelitian difokuskan pada tiga fokus masalah, yaitu (1) Bagaimana metode peningkatan kelancaran membaca Al-Qur’an siswa di MAN 2 Blitar?., (2) Bagaimana metode peningkatan membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid siswa di MAN 2 Blitar?., (3) Bagaimana metode peningkatan kefashihan dalam makhraj huruf siswa di MAN 2 Blitar?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data melalui keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi metode dan sumber. Hasil Penelitian. Pertama, metode peningkatan kelancaran membaca AlQur’an melalui: Kegiatan pembiasaan tadarus Al-Qur’an pada pagi hari, Kegiatan tagihan hafalan surat-surat pilihan kepada guru keagamaan, Memberikan jam khusus pembelajaran Al-Qur’an usmani, Menerapkan pembelajaran Al-Qur’an usmani dengan menggunakan tehnik klasikal, Menetapkan pembagian jadwal pembelajaran usmani. Kedua, metode peningkatan membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid siswa melalui: Metode usmani, Mendatangkan ustadz-ustadzah yang berkompeten di bidang pendidikan Al-Qur’an dari lembaga pusat pendidikan Al-Qur’an usmani. Tehnik pengajaran klasikal-individual, Menggunakan bahan ajar buku panduan ilmu tajwid. Ketiga, Metode peningkatan kefashihan dalam makhraj huruf melalui: metode membaca binnadhor melalui cara muroja’ah, Sistem pembelajaran metode drill, Menerapkan prinsip dasar pengajar dak tun dan ti-was-gas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143254 MOHAMAD DZAKIY SYAROFI |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 08:36 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 08:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13735 |
Actions (login required)
View Item |